Sukses

Beauty

5 Penyebab Tumbuhnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang bisa dialami segala usia. Tumbuhnya jerawat bisa membuat tingkat kepercayaan diri seseorang menurun. Selain itu, jerawat menyebabkan kulit menjadi bertekstur dan warna kulit tidak rata.

Biasanya jerawat muncul di area dahi, pipi, dan hidung. Karena area tersebut memproduksi minyak secara berlebih. Namun, tumbuhnya jerawat juga bisa dialami di area rahang, leher, atau punggung.

Ada banyak faktor penyebab tumbuhnya jerawat, mulai dari faktor genetika hingga gaya hidup yang kurang sehat. Tumbuhnya jerawat ini bisa diatasi dengan cara alami atau menggunakan produkĀ skincareĀ yang tepat. Berikut penyebab tumbuhnya jerawat dan cara mengatasinya:

Penyebab Tumbuhnya Jerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab tumbuhnya jerawat yang pertama, yaitu karena seorang perempuan mengalamiĀ perubahan hormonĀ pada saat haid, masa kehamilan dan menjelang menopause. Saat hormon tidak seimbang, maka kulit menjadi lebih berminyak dan memicu tumbuhnya jerawat.

2.Ā Mengonsumsi Makan Tidak Sehat

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di kulit wajah. KarenaĀ makanan tidak sehat memicu produksi minyak berlebih di wajah, sehingga minyak tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkanĀ peradangan pada jerawat.

3.Ā Tidak Cocok dengan Skincare

SkincareĀ adalah produk perawatan kulit yang bisa membantu menyembuhkan jerawat. Tetapi ada beberapa produkĀ skincareĀ yang tidak cocok digunakan untuk kulit jerawat. Untuk mengatasi tumbunya jerawat, sebaiknya gunakanĀ skincareĀ yang mengandungĀ AHA, BHA, retinol, niacinamide, tea tree oil, centella asiatica dan benzoil peroksida.

4.Ā Terlalu Banyak Hormon Androgen

Tumbuhnya jerawat juga bisa dipengaruhi karena terlalu banyak hormon androgen di dalam tubuh perempuan.Ā Hormon androgen biasanya lebih banyak terdapat di dalam tubuh lelaki. Jika hormon androgen terlalu banyak di tubuh perempuan, maka kulit akan mudah berjerawat, berbulu, suasana hati mudah berubah, terlambat haid, dan bisa menyebabkan penyakit PCOS.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Penyebab tumbuhnya jerawat yang terakhir, yaitu karena jarang membersihkan wajah di malam hari.Ā Sebaiknya lakukan double cleansing untuk membersihkanĀ kulit wajah. Langkah pertama gunakanĀ micellar water terlebih dahulu,Ā kemudian gunakan sabun muka yang bisa menyembuhkan jerawat dan mengontrol minyak.

Cara Mengatasi Tumbuhnya Jerawat

1. Gunakan Skincare

Untuk mengatasi tumbuhnya jerawat, kamu bisa menggunakanĀ skincareĀ yang mengandungĀ salicylic acid, untuk membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah dan mencegah komedo. Selain itu gunakanlahĀ skincareĀ yang mengandungĀ sulfur. KarenaĀ sulfurĀ memiliki fungsi untuk mengeringkan jerawat, dan juga mengontrol sebum di kulit wajah.

KandunganĀ mandelic acidĀ juga bisa digunakan sebagai antibakteri, yang bisa menyembuhkan bakteri penyebab tumbuhnya jerawat. Agar jerawat bisa lekas sembuh, kamu bisa menggunakanĀ skincareĀ dengan kandunganĀ AHA, BHA, retinol, niacinamide, tea tree oil, centella asiatica dan benzoil peroksida. Kandungan ini memiliki sifat eksfoliasi yang mempercepat sembuhnya jerawat.

2. Gunakan Cara Alami

Selain menggunakan produkĀ skincare,Ā kamu juga bisa menyembuhkan jerawat dengan cara alami. Contohnya dengan rajin mengonsumsi air putih minimal 2liter sehari. Karena tubuh yang dehidrasi, menyebabkan kulit dehidrasi dan memicu tumbuhnya jerawat.

Rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang menyehatkan, juga bisa membantu mengatasi tumbuhnya jerawat, sekaligus mengontrol produksi minyak dan mencegah obesitas. Kalau kamu suka menggunakan masker wajah, kamu bisa menggunakan masker yang terbuat dari tomat, jeruk nipis, lidah buaya, mentimun, putih telur, atauĀ witch hazel.Ā Gunakan masker secara rutin sekitar seminggu 2 kali agar hasilnya optimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading