Sukses

Beauty

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas, Ketahui juga Cara Merawatnya dengan Benar

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah kering adalah kondisi kulit yang kekurangan cairan atau dehidrasi, yang sering disebut juga dengan istilah xerosis. Kondisi kulit ini sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Saat mengalami kulit wajah kering, lapisan kulit atas atau bagian epidermis kulit, tidak mendapatkan kelembapan yang disebabkan karena berbagai faktor, sehingga kulit kering akan lebih mudah mengelupas.

Kulit wajah kering ini disebabkan karena beberapa faktor, dan bisa dicegah serta diatasi dengan menggunakan perawatan kulit yang tepat. Tapi Sahabat Fimela harus melakukan perawatan kulit secara konsisten agar hasilnya maksimal. Berikut penyebab kulit wajah kering dan mengelupas, serta cara merawatnya, dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Kondisi kulit wajah kering dan mengelupas bisa dialami segala usia, namun usia yang rentan terkena kulit wajah kering dan mengelupas adalah usia 20 tahunan ke atas. Hal ini disebabkan karena produksi kolagen dan minyak alami dalam kulit berkurang, sehingga kelembapan kulit berkurang dan menjadi kering hingga mengelupas.

Kulit wajah kering dan mengelupas juga bisa disebabkan karena menggunakan produk yang mengandung zat aditif kimia, seperti alkohol, paraben, deterjen dan parfum. Pergantian cuaca ekstrem dan terlalu sering terkena paparan sinar matahari, juga bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering dan mengelupas.

Jika kamu sering menggunakan air hangat saat mandi atau membilas wajah, juga bisa memperparah kondisi kulit dan membuat kulit mengalami pengelupasan atau pecah-pecah. Untuk itu, lebih disarankan menggunakan air dingin untuk mandi atau membilas wajah, kalau kamu memiliki jenis kulit yang kering.

Kulit wajah kering dan mengelupas juga bisa disebabkan karena efek samping mengonsumsi obat-obatan khusus, memiliki kondisi penyakit tertentu atau alergi, jarang mengonsumsi air putih dan faktor keturunan.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Skincare

Kulit wajah kering dan mengelupas dapat diatasi dengan melakukan perawatan kulit menggunakan skincare yang memiliki kandungan humektan, emollient, petrolatum (petroleum jelly), silikon, minyak dan lanolin. Kandungan tersebut bisa mengembalikan kelembapan kulit dan mengunci cairan di dalam kulit.

Kamu juga bisa merawat kulit kering dengan skincare yang terbuat dari bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, lidah buaya dan madu.

Untuk membersihkan wajah, sebaiknya gunakan sabun wajah yang teksturnya gentle, dan hindari facial wash yang mengandung scrub. Hindari juga penggunaan skincare yang berfungsi sebagai eksfoliator.

Cara Merawat Kulit Wajah Kering dan Mengelupas dengan Pola Hidup Sehat

Selain melakukan perawatan kulit dengan skincare, pemilik kulit wajah kering dan mengelupas bisa mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Karena pola hidup yang kurang baik bisa mempengaruhi kondisi kulit, dan membuat produksi minyak menurun.

Kamu bisa memulai hidup sehat dengan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan harian, mengonsumsi buah-buahan, perbanyak sayuran hijau, tidur yang cukup sebelum jam 10 malam dan hindari mengonsumsi alkohol atau merokok.

Jika kondisi kulit wajah kering dan mengelupas semakin parah, segera konsultasikan kondisimu dengan dokter kulit, maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah kulitmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading