Sukses

Beauty

Tak Perlu Extension, Ini 6 Cara Efektif untuk Merawat Bulu Mata agar Tebal dan Panjang

Fimela.com, Jakarta Bulu mata lentik, panjang dan tebal merupakan dambaan setiap wanita. Tak dapat dipungkiri, dengan memiliki bulu mata yang lentik nan panjang dan lebat membuat penampilan terlihat lebih cantik dan menawan. Bahkan, untuk mewujudkannya tak jarang seseorang melakukan extension bulu mata.

Bulu mata memang mampu melindungi mata dari debu, pasir, kotoran serta bisa mempercantik riasan mata. Namun, extension bulu mata bisa menimbulkan risiko kesehatan yang serius seperti alergi dan infeksi. Tentu hal tersebut tidak diinginkan hanya demi mendapatkan bulu mata yang panjang dan tebal.

Tidak perlu khawatir, Fimela telah merangkum cara merawat bulu mata agar tebal dan panjang secara alami tanpa extension dari Stylecraze, Senin (20/12).

1. Vaseline (Petroleum Jelly)

Salah satu perawatan bulu mata agar panjang dan tebal adalah menggunakan Vaseline (petroleum jelly) yang dapat melembapkan kelopak mata dan mencegah kerusakan dari bulu mata. Dipercayai bahwa vaseline ini mampu membantu untuk merawat bulu mata agar lentik.

Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan vaseline petroleum jelly secukupnya pada kapas ke kelopak mata atas dan bawah. Pastikan untuk menghindari area mata dalam. Biarkan semalaman dan bilas keesokan paginya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik yang disebut oleuropein. Dalam sebuah penelitian pada seekor tikus, oleuropein ini ditemukan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Maka, ini dapat berkontribusi dalam membantu bulu mata agar tumbuh lebih panjang.

Teteskan 3-4 minyak zaitun dan siapkan 1-2 kapas. Tuangkan tetes minyak zaitun tersebut pada kapas dan oleskan pada bulu mata bagian atas dan bawah. Biarkan minyak selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang bisa membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang menyebabkan peningkatan kerontokan rambut. Selain itu, vitamin E juga mengandung senyawa tocotrienol yang mampu meningkatkan jumlah helai rambut. Dengan demikian, vitamin ini bisa membuat bulu mata lebih panjang.

Cobalah untuk konsumsi vitamin E, namun tetap sesuai dengan anjuran dokter.

4. Shea Butter

Kaya akan vitamin C, shea butter ini juga dikemas dengan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kolagen. Oleh karena itu, shea butter bisa membantu dalam mempertahankan ketebalan bulu mata serta meningkatkan pertumbuhannya.

Cukup dengan menggosokan secara lembut di antara jari-jari hingga halus. Oleskan ke bulu mata atas dan bawah, kemudian biarkan semalaman.

5. Green Tea

Teh hijau atau green tea merupakan sumber kaya polifenol yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan bulu mata.

Cara menggunakan green tea untuk perawatan bulu mata adalah campur 1 sendok teh green tea (daun teh hijau) sekitar 1 kantong teh dan 1 cangkir air panas. Kemudian, didihkan selama 5-10 menit. Saring cairannya dan minum selagi hangat.

Tak hanya itu, cara lain bisa diterapkan dengan mendinginkan teh dan oleskan secara topikal ke garis bulu mata atas dan bawah menggunakan kapas.

 

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa digunakan untuk perawatan rambut karena efek penetrasinya yang membantu mencegah hilangnya protein rambut, sehingga minyak kelapa juga dapat dipakai untuk merawat bulu mata yang menipis dan rusak serta membantu pertumbuhannya kembali.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk bulu mata adalah celupkan kapas ke dalam minyak kelapa dan oleskan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Namun, hindari minyak masuk ke dalam mata. Biarkan minyak semalaman, lalu bilas keesokan paginya.

Beberapa cara merawat bulu mata agar panjang dan tebal ini bisa diterapkan Sahabat Fimela dengan mudah dan efektif. Selamat mencoba!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading