Sukses

Beauty

Menurut Ahli, Inilah 5 Tahap Basic Skincare untuk Remaja yang Tepat dan Aman

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan kulit sejak dini merupakan hal penting yang harus diketahui para remaja. Maka dari itu, penggunaan skincare sebaiknya mulai dilakukan. Sebab saat masuk usia remaja, mereka pasti akan menghadapi masa pubertas dengan berbagai masalah kulit.

Umumnya, remaja yang mengalami masalah kulit kerap jadi tidak percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan penampilannya. Memperhatikan kesehatan kulit ini bisa mengubah perasaan-perasaan tersebut. Namun, apa saja skincare yang cocok dan aman untuk kulit remaja?

Awali dengan basic skincare terlebih dahulu yang memiliki kandungan gentle dan tidak berisiko merusak kulit remaja pemula. Sebelum mengetahui basic skincare untuk remaja, kenali terlebih dahulu jenis kulit yang Fimela rangkum dari Stylecraze, Kamis (23/12).

Kenali Berbagai Macam Jenis Kulit

Kulit Normal

Kulit normal biasanya memiliki tekstur yang lembut dan halus. Biasanya jenis kulit ini juga memiliki pori-pori yang kencang dan permukaan kulitnya tidak terasa berminyak atau kering. Kandungan air dan produksi minyak pun seimbang serta alirah darah ke kulit cukup baik.

Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak terlihat lebih berkilau dan cenderung memiliki jerawat serta komedo. Pori-pori terbuka dan kulit mengandung sebum berlebih. Selama masa remaja, kadar hormon selalu berfluktuasi yang mungkin memperburuk keadaan bagi pemilik kulit berminyak, khususnya remaja.

Kulit Kering

Kulit kering bersisik tidak begitu halus untuk disentuh, bahkan terasa kusam dan gatal. Jenis kulit ini memiliki pori-pori yang tidak terlihat dan lapisan luar kulit terus mengelupas secara tidak normal. Kulit kering membutuhkan pelembap eksternal agar tetap halus.

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi adalah gabungan dari semua jenis kulit di atas. Pemilik kulit ini memiliki zona T (dahi, hidung dan dagu) yang berminyak serta bagian wajah lainnya mungkin kering. Terdapat komedo dan pori-pori terbuka pada jenis kulit ini. Bagian pipi mungkin tampak kasar dan kering, sementara bagian lain dipenuhi sebum serta minyak lain.

Setelah mengetahui jenis kulit, maka saatnya untuk mengetahui skincare yang harus digunakan oleh para remaja. Berikut Fimela telah mengulas 5 basic skincare untuk remaja yang tepat dan aman menurut ahli dari Well and Good.

1. Cleanser

Menurut dokter kulit Joshua Ziechner, MD, pada usia berapa pun, cleanser cenderung paling baik untuk semua jenis kulit. Ia menyarankan untuk mencari pembersih berbusa yang mampu memmbantu mengatasi sifat berminyak atau sesuatu dengan asam salisilat untuk menangkal jerawat.

2. Pelembap

Salah satu basic skincare yang penting adalah pelembap. Pilihkan pelembap yang lebih ringan daripada krim yang kental. Sebaiknya gunakan pelembap yang bebas minyak. Basic skincare satu ini mampu membuat kulit terhidrasi, kenyal dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

3. Serum

Kulit remaja membutuhkan perlindungan lingkungan yang sama seperti kulit orang dewasa, di mana antioksidan menjadi kuncinya. Dr. Zeichner merekomendasikan serum yang mengandung vitamin C guna mencegah polusi masuk dan membantu mencerahkan kulit. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa vitamin C dapat membantu produksi kolagen untuk mengurangi bekas jerawat dan menjaga kulit dari sinar UV serta polutin yang merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh segala usia.

4. Retinoid

Vitamin A yang terkandung di Retinoid ini bisa sangat efektif untuk remaja. Dr. Zeichner menjelaskan bahwa menggunakan bahan-bahan seperti retinoid pada kulit remaja sebenarnya bekerja lebih baik daripada kulit orang dewasa, sebab produksi kolagen sedang dalam puncaknya. Selain itu, retinol juga membantu mengatasi jerawat.

5. Sunscreen

Pada usia berapa pun, SPF yang terkandung di sunscreen ini sangat baik. Oleskan SPF 30 di setiap pagi sebagai langkah terakhir dalam rutinitas untuk perlindungan dari matahari dan cahaya biru. Jangan sampai urutan skincare untuk remaja pemula ini terlewat.

Itulah basic skincare untuk remaja yang dijamin tepat dan aman. Namun, jangan lupa untuk menggunakan skincare sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading