Sukses

Beauty

4 Manfaat Coklat untuk Kesehatan Kulit Terbukti Secara Dermatologis

Fimela.com, Jakarta Seringkali kita menemukan kandungan coklat pada makanan yang kita santap untuk hidangan penutup, atau sekadar peneman minum teh atau kopi. Tak asing lagi, coklat memang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Coklat telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai kandungan untuk menyembuhkan dan merawat masalah kesehatan kulit.

Berasal dari pohon cacao, coklat merupakan hasil fermentasi dari biji cacao. Kita dapat menemukan tanaman ini di beberapa bagian negara yang memiliki iklim tropis. Kemampuannya untuk menutrisi tubuh dengan vitamin dan mineralnya, membuat coklat digemari semua orang. 

Dikenal dengan daya antioksidannya yang tinggi, menurut  Dr Nidhi Rohtagi, senior consultant, Dermatology, Fortis Hospital, Vasant Kunj, dikutip dari healthshots.com pada Kamis (07/10), coklat memiliki segelintir manfaat yang baik untuk kulit kita. Namun, tak sembarang coklat dapat kita gunakan sebagai bahan untuk mempercantik kulit

Diketahui dark chocolate memiliki tingkat antioksidan yang efektif untuk meningkatkan kolagen pada kulit, sehingga dapat mencegah kerusakan kulit. Ketahui 4 manfaat coklat untuk kesehatan kulit. Berikut informasinya.

Antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan sifat dari senyawa yang memiliki manfaat baik bagi sel-sel kulit. Sifat antioksidan dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Dengan antioksidan, kita dapat mengembalikan tampilan kulit yang sehat dan mengurangi garis halus serta keriput.

Dark chocolate, dikutip dari herbaldynamicsbeauty.com, memiliki zat antioksidan yang disebut dengan flavanols. Zat flavanols akan membantu untuk memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan kotoran dari lingkungan sekitar. Hasil penelitian menyatakan zat phytochemicals yang dihasilkan oleh coklat memiliki tingkat perlindungan yang efektif bagi kulit.

Membuat kulit tampak lebih muda

Coklat memiliki kandungan yang disebut dengan theobromine, zat ini dikenal sebagai kandungan yang dapat meningkatkan kelancaran aliran darah pada tubuh. Aliran darah yang lancar dapat meningkatkan kesehatan kulit kita dari dalam.

Coklat memiliki manfaat untuk membantu kulit kita tetap lembab, bahkan di area kering sekalipun. Saat kulit terpapar matahari yang berlebih, masker coklat dapat mengembalikan kondisi kulit yang terbakar sinar matahari. Aliran darah yang lancar akan mengurangi dampak penuaan dari sinar UV, dengan meregenerasi kulit baru, sehingga kulit tampak lebih muda.

Mengurangi dampak penuaan dini

Kandungan coklat dapat membantumu untuk mengurangi tampilan garis halus serta keriput pada wajah. Tidak hanya itu, coklat dapat membantu untuk mengurangi bekas serta flek hitam pada wajah. Hal ini dikarenakan coklat memiliki kandungan tinggi akan vitamin C, yang menjaga kesehatan kulit. 

Coklat diperkaya dengan asam lemak omega-6, yang diketahui memiliki kemampuan dalam meningkatkan kesehatan sel-sel kulit. Zat ini lah yang membantu kulit untuk meregenerasi kulit baru, sehingga menghasilkan kulit yang bersih dan bebas dari flek hitam.

Wajah yang lebih cerah dan bersinar

Coklat memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin E, yang dapat bekerja untuk meningkatkan kerja kolagen pada wajah. Kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kekencangan dan keelastisitasan kulit, sehingga wajah terlihat lebih muda dan segar.

Tidak hanya itu, kerja kolagen pada wajah dapat memberikan tampilan yang lebih lembut dan cerah pada wajah. Dengan bantuan coklat, kulit akan tampak lebih cerah, segar dan bersinar. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mengubah Rutinitas Perawatan Kulit saat Udara Terlalu Dingin
Artikel Selanjutnya
5 Kiat Perawatan Kulit Anti Penuaan Sederhana dan Mudah Diterapkan Sehari-hari