Sukses

Beauty

Mengenal Penyebab Jerawat Batu dan Cara Ampuh Mengatasinya dari Dokter Kulit

Fimela.com, Jakarta Munculnya jerawat di kulit wajah memang menyebalkan karena mengganggu penampilan. Apalagi jerawat batu yang sering kali menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman.

Jerawat pada dasarnya muncul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Sedangkan jerawat batu terjadi ketika infeksi masuk jauh ke dalam kulit sehingga menimbulkan peradangan di bawah kulit.

Umumnya jerawat batu sering muncul di dagu, tetapi juga bisa muncul di tempat lain seperti punggung. Lantas, apa penyebab utama munculnya jerawat batu? Simak penjelasan menurut dokter kulit selengkapnya.

Penyebab Jerawat Batu

Menurut Dokter Kulit di Tucson, Sheila Farhang, jerawat batu sering dipicu oleh makanan, stres, dan hormone.Sependapat dengan Sheila, dokter kulit Joshua Zeichner juga mengatakan jenis makanan tertentu dapat memperburuk kondisi jerawat hingga menjadi jerawat batu.

Jenis makanan yang dapat memperburuk kondisi jerawat adalah susu skim, protein whey, suplemen vitamin B12, dan makanan yang tinggi gula. “Makanan ini telah dikaitkan dengan memburuknya jerawat,” ujar dr. Zeichner, dikutip dari Allure.

Selain itu, Zeichner juga mengatakan stres dapat memperburuk kondisi jerawat. “Saat stres, hormon di tubuh kita untuk mengatasi stres akan mendorong produksi kelenjar minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat,” ujar dr. Zeichner.

Cara Mengatasi Jerawat Batu

Jerawat batu umumnya memang lebih sulit diobati. Biasanya, dokter akan merekomendasikan obat oles seperti dapson atau Aczone. Namun obat ini tidak berlaku bagi seseorang yang mengalami stres. Lantaran obat yang diresepkan kemungkinan tidak efektif untuk mengobati jerawat batu di rumah.

Dalam praktiknya, dr. Farhang memulai pengobatan dengan resep topikal dan percakapan seputar perubahan gaya hidup, kemudian beralih ke pengobatan oral jika diperlukan.

“Perawatan topikal dapat mencakup kombinasi benzoil peroksida atau krim antibiotik resep jika beberapa komedo putih di pagi hari, bersama dengan krim resep dapson (Aczone) jika area target kurang berminyak dan memiliki lebih banyak lesi inflamasi dewasa, seperti kista hormonal di sepanjang kulit. rahang," katanya.

Di malam hari, ia sering meresepkan retinoid untuk membantu meningkatkan pergantian sel, yang membantu mengurangi jerawat dan menetralkan hiperpigmentasi dari jerawat sebelumnya.

Dalam hal perawatan yang dijual bebas, dr. Zeichner mengatakan cara terbaik untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan bahan-bahan berbeda yang bekerja secara berbeda dan saling melengkapi.

Dia merekomendasikan pendekatan bahan dua cabang, dengan fokus pada asam salisilat dan benzoil peroksida.

“Untuk mencegah iritasi saat menggunakan yang terakhir, pastikan kamu mengoleskan kulit dengan pelembab ringan terlebih dahulu, kemudian mengobati jerawat batu dengan lapisan super tipis dengan persentase benzoil peroksida terendah,” kata dr. Zeichner

 

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading