Sukses

Beauty

Jangan Pecahkan Jerawat Batu Sembarangan Jika Tidak Mau Hal Ini Terjadi

Fimela.com, Jakarta Jerawat batu yang meradang kerap kali membuat kita merasa kurang percaya diri. Jerawat batu yang nampak kemerahan dan menonjol pada wajah dapat menurunkan kualitas penampilan kita. Seringkali jerawat batu juga datang dengan rasa sakit dan tidak nyaman pada wajah.

Masalah kulit ini dapat datang dari berbagai faktor, seperti hormon, diet dan kebersihan. Jerawat batu menurut clearlyderm.com, merupakan jenis jerawat yang memerlukan perawatan ekstra untuk penanganannya. Maka dari itu, untuk membasmi jerawat batu terkadang membutuhkan bantuan ahli atau dermatologis.

Kerap kali, jerawat batu membuat kita merasa gemas sehingga ingin cepat-cepat memecahkannya. Namun, dilansir dari aad.org, memecahkan jerawat batu tanpa bantuan ahli dapat membawamu kepada masalah kulit lainnya, seperti bekas jerawat, rasa sakit yang berlebihan serta infeksi pada wajah. 

Tentu kita tak mau hal itu terjadi. Maka dari itu hindari beberapa hal ini agar wajahmu terhindar dari masalah kulit yang disebabkan oleh jerawat batu.

 

Jangan memecahkan atau memencet jerawat

Memecahkan jerawat batu pada wajahmu tidak dapat menyelesaikan masalah ini. Salah-salah, bakteri pada jerawat yang menyebar pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada wajah. Selain menyebabkan rasa sakit, menurut aad.org, memencet jerawat batu dengan jari akan meninggalkan bekas kehitaman yang susah hilang.

Untuk menghilangkan rasa sakit dan tidak nyaman dari jerawat batu, sebaiknya kita meminta bantuan dari ahli atau dermatologis. Hal ini dilakukan agar wajahmu terhindar dari bakteri yang dapat menyebar ke bagian lainnya. Serta dengan bantuan dermatologis, kita dapat memeroleh pengobatan yang tepat.

Jangan lupa untuk memberi pelembab pada wajah

Kerap kali kita merasa bahwa memberi pelembab hanya akan membuat wajah kita terasa lengket dan menghasilkan lebih banyak jerawat. Namun, ahli menyatakan bahwa informasi tersebut salah. Menggunakan pelembab dengan rutin akan memberimu kulit yang lebih sehat dan bersih.

Tidak memberi kelembapan yang cukup pada wajah hanya akan memberimu produksi minyak yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu, menggunakan pelembab merupakan langkah tepat untuk menyeimbangkan kadar kelembaban pada wajahmu. Gunakan pelembab dengan tekstur cair seperti gel, agar terasa ringan.

Jangan menyentuh wajah terlalu sering

Memegang wajah terlalu sering akan menyebabkan timbulnya masalah kulit lainnya. Menurut charlestondermatology.com, bakteri dan virus yang menumpuk pada tangan dan jari-jari kita akan dengan mudah masuk ke dalam pori-pori kulit. Tentu, kita tidak mau hal itu terjadi. 

Maka dari itu, akan lebih baik jika kita tidak memegang atau menyentuh muka terlalu sering. Jika ingin melakukan kontak tangan dengan wajah, pastikan untuk membersihkan tanganmu terlebih dahulu agar terhindar dari kotoran yang menempel. 

Jangan berada di bawah sinar matahari terlalu lama

Seperti yang kita ketahui, matahari memiliki sinar UV yang dapat merusak dan menurunkan kualitas kesehatan pada wajah. Maka dari itu, jangan pernah sekalipun keluar dari rumah tanpa menggunakan tabir surya. Menggunakan tabir surya akan membantumu untuk memberi proteksi lebih pada wajah.

Terutama bagi kulit yang berjerawat. Jika kamu sedang memiliki jerawat yang meradang, pastikan untuk tidak terkena sinar matahari yang berlebihan. Diketahui, paparan sinar matahari secara langsung memiliki efek buruk bagi jerawat. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada wajah.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tampil Tanpa Makeup Meski Berjerawat di Hari Pernikahannya, Influencer Ini Dobrak Standar Kecantikan
Artikel Selanjutnya
Solusi Atasi Jerawat dan Dark Spot dengan Cica Skincare yang Telah Dicoba Jovin Adhiguna