Sukses

Beauty

5 Kandungan Skincare yang Wajib Ada Di Perawatan Wajah Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Jangan malas untuk melakukan perawatan wajah di malam hari sebab rutinitas tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. 

Mengapa penting perawatan wajah malam hari? Sebab saat malam hari kulit wajah akan kehilangan hampir 25 persen kandungan air, lebih banyak daripada di siang hari. Alasannya karena ketika tidur tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni 7-8 jam.

Tidur di ruangan ber-AC juga dapat membuat kulit menjadi kering dan berkurang elastisitasnya. Untuk mengatasi hal tersebut, sahabat Fimela perlu menggunakan pelembap pada malam hari untuk membantu proses regenerasi agar kulit wajah tetap terjaga kelembapannya.

Lalu, alasan lainnya ketika siang hari biasanya kulit telah banyak terkena sinar matahari, sinar blue light dari perangkat elektronik, polusi udara, asap rokok, dan radikal bebas lainnya. Tentu akan membuat sel-sel kulit menjadi mudah mengalami masalah, seperti kulit menjadi lebih kering, kusam, keriput, dan flek hitam. 

Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan wajah malam hari yang membantu proses regenerasi kulit. Ketika tidur, kulit dengan sendirinya bisa memulihkan kondisinya. Saat tidur juga membuat sirkulasi darah ke kulit lebih banyak menyalurkan nutrisi yang diperlukan.

Salah satu alasan pentingnya melakukan perawatan wajah malam hari, yakni membantu proses peremajaan kulit. Di malam hari, sel-sel kulit akan bekerja memperbaiki diri dengan membangun sel kulit baru lewat pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru. Sehingga rutinitas perawatan wajah di malam hari dapat menjauhkan kulit dari penuaan dini. Kulit pun terasa kenyal dan bercahaya.

Melihat pentingnya perawatan malam hari, sahabat Fimela dapat menggunakan bahan-bahan skincare yang bekerja secara ajaib untuk perawatan malam harimu.

Berikut ini lima bahan teratas yang memiliki kekuatan penuh dengan manfaat pembaruannya dalam semalam, melansir swirlster.ndtv.com.

1. Asam Laktat atau Lactic Acid

Asam laktat merupakan salah satu asam alfa hidroksi yang lebih umum digunakan untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit serta mengelupas kulit secara ringan. 

Ini memiliki kemampuan tambahan untuk meningkatkan faktor pelembap alami kulit.  Bahan ini dengan lembut meningkatkan cahaya dan kelembutan kulit hanya dalam satu malam.

2. Niacinamide

Niacinamide dapat disebut sebagai bahan pembangkit tenaga baru perawatan kulit.  Sebagian besar telah dianggap sebagai solusi untuk banyak masalah kulit yang paling umum.  Di antara banyak manfaatnya, telah terbukti membalikkan dan mencegah tanda-tanda penuaan kulit, mencerahkan dan menghaluskan kulit, melembapkan dan mendukung penghalang kulit. 

Biasanya, serum adalah yang paling kuat dan memiliki konsentrasi aktif tertinggi.  Juga, banyak produk perawatan kulit memiliki campuran niacinamide dengan campuran retinoid dan asam alfa hidroksil dalam krim malam.

3. Retinoid

Bentuk Vitamin A yang kuat ini mencerahkan kulit, mengobati jerawat, dan menghaluskan tekstur kulit secara keseluruhan.

Mungkin bingung dengan retinol - perbedaannya adalah bahwa retinoid menggambarkan semua turunan vitamin A dan biasanya digunakan untuk mengobati kerusakan kulit sedang hingga parah, sedangkan retinol hanyalah jenis retinoid yang lebih lembut.

4. Ceramide

Ceramide membantu mengunci kelembapan dan juga bertindak sebagai penghalang terhadap tekanan lingkungan. Banyak orang yang secara alami memiliki kulit kering dapat memperoleh manfaat dari ceramide.

Bahkan, yang memiliki kulit paling sensitif, rentan berjerawat, atau berminyak bisa mendapatkan manfaat dari bahan ini. Namun, paling efektif bila dikombinasikan dengan bahan pengisi kulit lainnya seperti asam lemak, gliserin.

5. Minyak Squalane

Squalane adalah versi squalene yang berasal dari tumbuhan, yang secara alami ditemukan di kulit. Ini adalah bahan unggulan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan elastisitas, dan mengisi kembali penghalang kulit.

Ini adalah salah satu minyak ajaib yang tidak memiliki rasa berminyak, itulah sebabnya ia bekerja untuk semua jenis kulit. Dapat menemukannya di serum yang menghidrasi dan pelembap ringan.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Punya Gaya Hidup Aktif, Ini Cara Valerie Thomas Merawat Kulit agar Selalu Sehat dan Cantik
Artikel Selanjutnya
4 Rekomendasi Moisturizer Lokal dan Korea untuk Kulitmu