Sukses

Beauty

Wapres Ma'ruf Amin Optimis Indonesia Jadi Pusat Industri Halal 2024

Fimela.com, Jakarta Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin optimis Indonesia bisa jadi pusat industri halal 2024. Dalam kunjungan ke pabrik Paragon di Kawasan Industri Jatake Tangerang, Ma'ruf Amin menyebut halal bukan lagi menjadi sebuah label melainkan sudah menjadi gaya hidup.

"Saya ingin perubahan ini lebih banyak lagi. Apalagi sekarang sudah menjadi salah satu fokus, industri halal. Pak Presiden Jokowi ingin Indonesia jadi pusat halal dunia di 2024," kata Wapres RI Ma'ruf Amin saat kunjungan ke pabrik Paragon, pada Rabu (29/12/2021).

Menurut Ma'ruf Amin, inovasi dan halal menjadi dua poin penting untuk mendorong industri halal di Indonesia semakin besar dan berhasil.

"Saya melihat perapduan antara halal dan inovasi. Halal saja tidak cukup, inovasi saja tidak cukup. Halal dan inovasi," kata Ma'ruf Amin.

 

Potensi besar sebagai pelaku industri

Indonesia sendiri memiliki populasi umat muslim yang cukup besar, yakni 222 juta jiwa. Artinya, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pemain ekonomi halal di kancah global pada 2024, sekaligus menjadi pusat industri halal global.

Berbagai upaya akan dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal 2024. Ma'ruf Amin menyebut bahwa pemerintah mendorong industri halal dengan membenahi katalog.

 

Upaya pemerintah

Menurutnya, Indonesia sudah melakukan banyak ekspor halal namun tidak tertata dan tidak termodifikasi. Seperti misalnya produk Wardah yang sudah sampai ke konsumen di sejumlah negara berkat adanya reseller. Namun hal ini tidak tercatat sebagai ekspor halal.

"Salah satu yang kita benahi adalah katalognya, sehingga produk yang diekspor menjadi tercatat sebagai ekspor halal," tutur Ma'ruf Amin.

Selain itu, pemerintah juga melakukan percepatan sertifikasi halal. Di mana layanan sertifikasi halal kini dipermudah dan UMKM tidak dipungut biaya untuk mendapatkan sertifikasi halal.

Simak video berikut ini

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading