Sukses

Beauty

Shatu Garko, Hijaber Pertama yang Memenangkan Miss Nigeria 2021

Fimela.com, Jakarta Shatu Garko berhasil menyandang gelar sebagai Miss Nigeria 2021 pada Jumat  (17/12/2021) di Landmark Centre, Victoria Island, Lagos, Nigeria.  Pencapaian gadis 18 tahun ini sekaligus mencetak sejarah baru sebagai hijaber pertama dan kontestan termuda yang berhasil memenangkan kontes kecantikan ke-44 itu.

Dilansir Premium Times, Garko mengalahkan 18 kontestan lainnya di ajang Miss Nigeria 2021. Runner-up pertama diraih oleh Nicole Ikot, sementara runner-up kedua diraih oleh Kasarachi Okoro.

Atas prestasinya tersebut, Garko dihadiahi 10 juta Naira atau setara Rp34 juta. Selain itu Garko juga mendapatkan hadiah berupa tempat tinggal selama satu tahun di apartemen mewah, mobil baru, dan peluang menjadi brand ambassador.

 

Buktikan Agama dan Budaya Bukan Hambatan

Selama pidatonya, Garko mengatakan bahwa dia sangat bersemangat untuk membuktikan bahwa agama dan budaya bukanlah hambatan untuk mencapai apapun yang ingin dicapai seseorang.

Kepada BBC, Garko mengungkapkan perjuangannya mengikuti Miss Nigeria 2021 bukanlah hal yang mudah. Sebab dirinya kerap mendapatkan pertentangan dari ayahnya.

“Ibuku mendukung langkahku. Namun ayahku tidak, ia khawatir aku akan dipaksa untuk melepaskan hijab, memakai pakaian renang atau diperlakukan berbeda karena aku berhijab,” ujarnya.

“Namun aku terus maju dan yakin. Begitu aku menang, kini aku sudah mendapatkan dukungan dari ayahku,” lanjutnya.

Alami Peningkatan Peserta

Direktur Kreatif Miss Nigeria sekaligus pemenang Miss Nigeria 2013, Ezinne Akudo mengatakan bahwa pemilihan Miss Nigeria 2021 ini cukup menyita waktu karena mengalami peningkatan peserta.

Dikatakan, ajang kecantikan ini diikuti oleh ribuan pendaftar. Jumlah itu lalu dipangkas menjadi 37 besar dan tambahan tiga semifinalis wildcard.

Masyarakat umum kemudian berkesempatan untuk berkontribusi pada proses memilih 21 finalis yang berhasil masuk ke Miss Nigeria Bootcamp.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading