Sukses

Beauty

10 Kesalahan Menggunakan Makeup yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Menggunakan makeup memang menjadi rutinitas hampir semua perempuan sebelum beraktivitas. Namun, masih ada saja yang menggunakan riasan wajah yang salah.

Kesalahan dalam bermakeup tentu sangat merugikan, bukannya terlihat menawan malah tampil aneh. Tentu tidak ingin terjadi hal seperti itu bukan?

Untuk menghindari menggunakan makeup yang salah, berikut ini beberapa hal yang harus dihindari ketika merias wajah. Melansir Rd.com, berikut ulasannya.

1. Menggunakan warna foundation yang yang salah

Masalah umum yang kerap terjadi, namun dengan solusi yang sangat sederhana. Penata rias Lori Hamlin Penske mengatakan sebaiknya sebelum menggunakan foundation sebaiknya berkunjung ke konter riasan, di sana kalian akan dibantu mendapatkan waran foundation yang pas dengan kulitmu. Setelah menentukan warna kulit, hanya perlu menemukan kedalaman warna yang paling cocok. 

Cara termudah untuk menemukan kecocokan adalah dengan memilih beberapa warna dan menerapkan setetes masing-masing (berturut-turut) di sepanjang garis rahang.  “Harus memeriksa dalam cahaya alami.  Jangan takut untuk pergi ke luar dengan cermin sebelum membeli,” ujarnya.

 2. Menggunakan kuas makeup yang kotor

Kalian menggunakan kuas setiap hari, tetapi seberapa sering membersihkannya?  Dan kapan terakhir kali mendapatkan set baru? Kuas kotor penuh dengan bakteri penyebab jerawat, dan itu hanya salah satu hal kotor yang terjadi saat tidak mencuci peralatan makeup. 

Lalu kuas tua, kasar, dan kotor, yang dapat berdampak negatif pada kulit dan aplikasi riasanmu.  

“Cobalah mencucinya dengan sabun kusus.  Jika tidak berhasil, beli yang baru,” kata penata rias Katie Jane Hughes. 

3. Memilih bronzer yang mengilap

Hughes mengatakan mengaplikasikan bronzer berkilau bisa terlihat palsu dan berantakan.Formula matte, akan menghangatkan kulit dan memberi lebih banyak warna, tampak alami, kilauan sinar matahari tanpa kilau.

4. Tidak cocok dengan lip liner dan lipstik

Seperti yang dibuktikan pada awal 90-an, mengenakan liner yang lebih gelap adalah kesalahan besar yang akan membuat terlihat kuno dan norak.

“Triknya adalah menggunakan pensil yang sesuai dengan warna bibir,” kata Penske.

Kemudian oleskan ke seluruh bibir. Tidak hanya akan membuat lipstik tampak lebih alami tetapi juga akan membuatnya bertahan lebih lama.

5. Menerapkan terlalu banyak bedak

Menurut Hughes, menggunakan terlalu banyak bedak dapat meningkatkan masalah dan penuaan wajah sangat cepat.

“Saya sering menemukan bahwa perempuan dengan kulit berminyak, khususnya, cenderung merias wajah mereka dengan bedak sepanjang hari,” kata Penske.

Bedak menumpuk, ketika mengaplikasikannya ke area yang mengkilat justru membuat riasan terlihat berat dan cakey serta bisa memberi warna kulit keabu-abuan.

6. Alis ditarik berlebihan

Alis yang berbentuk bagus dapat meningkatkan fitur wajah, membuka mata, dan membuat penampilan menjadi awet muda.

Sedangkan lengkungan gelap dan berat bisa membuat terlihat terlalu dibuat-buat, bahkan teatrikal. Untuk mengisi bintik-bintik yang jarang dan memberikan alis faktor wow alami, penata rias JoAnn Solomon merekomendasikan formula yang lebih lembut. Terapkan dengan sapuan ringan dan bangun sambil berjalan.

7. Menggunakan warna concealer di bawah mata yang terlalu terang

Bagi kebanyakan perempuan, concealer adalah makanan pokok sehari-hari, tetapi hanya karena menggunakannya secara teratur tidak berarti melakukannya dengan benar.  Banyak orang memilih concealer yang terlalu terang dengan harapan akan menghilangkan kegelapan di bawah mata, tetapi kenyataannya adalah bahwa itu hanya berakhir terlihat berat dan berkapur, dan dapat memperburuk kerutan dan lingkaran hitam.  

Menurut Solomon, concealer harus satu tingkat lebih terang dari kulit untuk menambahkan efek cerah.  “Cobalah dengan mengoleskannya dengan jari manis.  Ini akan berbaur lebih mudah dan terlihat sangat alami.”  Selain menutupinya.

8. Melewatkan primer eye shadow

Kelopak mengkilap?  Bayangan tidak rata? Ini adalah hasil dari melewatkan primer dan mengaplikasikan eye shadow langsung pada kelopak mata.

“Ini mengarah pada tampilan yang tidak tercampur dan bergaris yang menarik perhatian ke riasan sebenarnya daripada mata  yang cantik,” kata penata rias Erin Guth.  Dia merekomendasikan untuk mempersiapkan area mata—mulai dari garis bulu mata hingga alis—dengan primer bayangan.

Selanjutnya, saat mengaplikasikan pigmen, ingatlah untuk memadukan, memadukan, dan perlahan membangun warna.  Gunakan kuas jangan pakai aplikator spons jadi akan menciptakan tampilan yang halus daripada tampilan yang norak dan kotor

9. Over highlight

Bersinar itu bagus, tetapi terlalu banyak highlight bisa membuat terlihat berlebihan.  Untuk efek yang lebih halus, Solomon merekomendasikan untuk memilih warna alami tanpa terlalu banyak rona perak atau serpihan glitter dan menggunakan kuas kipas untuk mengaplikasikannya ke bagian atas tulang pipi, sudut dalam mata, dan sepanjang jembatan hidung. 

10. Menggunakan warna kontur yang terlalu gelap 

"Saya melihat perempuan setiap hari dengan garis-garis cokelat di pipi mereka," kata Penske.  

Itu karena terlalu banyak perempuan yang terjebak dalam penggunaan kontur yang terlalu gelap. Hasilnya super keras.  Yang benar-benar inginkan adalah produk yang dua tingkat lebih dalam dari warna kulit alamimu. 

Dan, tentu saja, memadukan adalah kunci untuk kontur yang terlihat alami.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading