Sukses

Beauty

Tips Memilih dan Mengaplikasikan Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Fimela.com, Jakarta Indonesia terkenal sebagai negara yang eksotis. Bukan hanya eksotis dalam hal alamnya, tapi juga eksotis perempuannya. Perempuan Indonesia memiliki berbagai macam warna kulit, tapi sebagian besar penduduk Indonesia memiliki kulit sawo matang yang eksotis dan indah.

Walau akhir-akhir ini sedang menjadi tren memiliki kulit putih pucat seperti perempuan Korea, tapi perempuan Indonesia yang secara gen memiliki kulit cokelat pun tak kalah cantik dan patut dibanggakan.

Untuk memaksimalkan pesona perempuan Indonesia dengan kulit sawo matangnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya tentu memilih makeup yang tepat.

Makeup yang tepat ini sangat penting dalam mengoptimalkan penampilan sehingga semakin memesona. Saat ini industri makeup pun menyediakan berbagai jenis dan macam makeup yang disesuaikan dengan setiap perempuan di dunia, termasuk untuk perempuan dengan kulit berwarna sawo matang.

Hal paling mendasar dari makeup tentu saja foundation. Jika kita salah memilih foundation yang tepat, maka langkah makeup berikutnya juga akan terganggu dan kecantikan maksimal akan sulit dicapai. Jadi, penting sekali untuk memilih foundation yang tepat untuk kulitmu.

Berikut ini adalah cara memilih dan mengaplikasikan foundation yang tepat untuk kulit sawo matang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Memilih Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Untuk mendapatkan foundation yang paling tepat untuk kulitmu, inilah yang harus kamu lakukan:

1. Pilih foundation yang paling sesuai dengan warna kulitmu

Cara memilihnya dengan mengoleskan 3 sampai 5 macam foundation yang warnanya paling mendekati warna kulitmu. Di antara warna-warna itu, pilih yang benar-benar paling mirip dengan warna kulitmu.

2. Lihat dan perhatikan bagaimana warna foundation yang sudah diaplikasikan pada kulitmu selama 3 jam

Ada kasus tertentu ketika produk foundation menunjukkan perubahan warna setelah terkena matahari atau keringat. Biasanya perubahan warna ini menjadi terlihat lebih gelap akibat efek oksidasi, dan membuat makeup tidak lagi optimal.

3. Campur beberapa warna foundation jika tidak bisa menemukan warna yang tepat untuk kulitmu

Kamu bisa melakukannya dengan mencampur antara produk foundation yang memiliki warna terang dengan produk yang berwarna lebih gelap. Terkadang memang ada kasus dimana produk makeup tidak sesuai dengan warna kulit. Kebanyakan peristiwa ini dialami oleh mereka dengan kulit gelap.

4. Pilihlah jenis foundation yang sesuai dengan tema makeupmu

Apakah kamu memilih foundation matte agar tampil natural dan tanpa kilap yang cocok untuk kulit berminyak, ataupula foundation yang dewy atau smooth agar memberi kesan glowing.

Tips Memilih dan Mengaplikasikan Foundation untuk Kulit Sawo Matang

Dalam mengaplikasikan foundation untuk kulit sawo matang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan entah sebelum atau sesudah menggunakan concealer, di antaranya yaitu menggunakan:

1. Spons

Apabila kamu menggunakan spons untuk media pengaplikasian foundation, kamu hanya perlu sedikit oleskan concealer di wajah. Setelah itu, ratakan dengan spons berbentuk bulat ataupun lebar.

2. Brush

Jika kamu menggunakan brush untuk mengaplikasikan foundation, pilihlah foundation brush. Pada saat mulai mengaplikasikan foundation, lakukan gerakan sapuan-sapuan pendek ke arah luar dan dalam seperti sedang melukis, dan terakhir ratakan jika ada garis-garis yang tampak.

Namun, apabila kamu ingin mengaplikasikan foundation yang lebih tipis, bisa gunakan stipping brush lalu ratakan dengan gerakan memutar.

3. Jari

Setelah memastikan tangan bersih, kamu keluarkan sedikit foundation di bagian pergelangan tangan. Jika sudah, gosok dengan lembut foundation tersebut dengan jari. Hal ini dilakukan agar foundation hangat dan mencair. Kemudian barulah kamu aplikasikan ke wajah dengan gerakan memutar dan baurkan ke seluruh kulit wajah.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading