Sukses

Beauty

3 Cara Mudah Mengetahui Jenis Kulit dengan Tisu hingga Selotip

Fimela.com, Jakarta Kulit manusia memiliki karakter yang unik. Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamakan apa yang sesuai dan mana yang tidak dalam memilih popduk skincare. Untuk mengetahui jenis kulit seseorang, diperlukan sejumlah cara untuk mengidentifikasinya. 

Terdapat 3 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki. Pertama kita bisa mengandalkan tisu, lalu bisa juga dengan selotip, atau ada lagi cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulit yang dimiliki. 

Penasaran ingin membuktikannya? Simak langkah berikut untuk memperlihatkan jenis kulit yang dimiliki. 

1. Tisu

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan tisu. Caranya mudah, cukup mencuci muka sebelum tidur dengan sabun lembut dan keringkan. Jika sudah, biarkan kulit tidur tanpa memakai serum ataupun produk skincare lainnya. Saat keesokan hari kamu bangun, tekanlah tisu pada wajah dan cek sebanyak apa minyak yang menempel atau justru tidak ada minyak sama sekali. 

Di saat kamu memiliki kulit normal, maka tisu tidak akan menyerap minyak. Tapi, saat kulit tampak berkilau dan tisu menyerap minyak, tandanya kulit wajahmu berminyak. Di saat tisu hanya menyerap minyak pada area T-Zone, tandanya kamu mempunyai kulit kombinasi. 

 

2. Selotip

Menggunakan selotip untuk mengetahui jenis kulit, maka disebut juga dengan tape test. Caranya mudah, cukup gunakan selotip biasa, dan tempelkan pada wajah setelah dibersihkan. Setelah 20 menit wajah dibersihkan, maka tempekan selotip dari daun telinga ke daun telinga lainnya. Diamkan selama 3 menit. 

Perhatikan saat kamu melepas selotip. Saat selotip menempel dan lepas dengan mudah, maka tandanya kamu memiliki kulit normal. Tapi, di saat  selotip tidak menempel, tandanya kamu memiliki kulit berminyak. Atau di saat selotip terlihat keruh, tandanya kamu memiliki kulit cenderung kering. 

 

3. Memperhatikan kinerja kulit

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan melihat kinerja kulit. Caranya mudah, kamu bisa melihat bagaimana kondisi kulit sehari-hari. Perhatikan setelah kamu membersihkan wajah, seringkali kulit yang kering justru membuat terasa kencang setelah mencuci muka. Atau, di saat beraktivitas, kilap yang terlihat hanya pada T-Zone, tandanya kamu mengalami kulit kombinasi. Namun kala kulit terlihat mengkilap secara keseluruhan, maka kamu memiliki jenis kulit berminyak. 

Dengan mengetahui jenis kulit yang dimiliki, maka kamu bisa memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading