Sukses

Beauty

5 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan saat Mandi

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar sahabat fimela pasti menganggap mandi adalah hal yang mudah dan sudah rutin di lakukan. Kamu membasahi tubuh, memakai sabun dan shampoo, lalu bilas. Tapi sahabat fimela tahu ga sih kalau ternyata masih banyak kebiasaan yang kurang tepat yang kamu lakukan disaat mandi. Kira-kira apa saja ya kebiasaannya?

1. Mandi dengan air panas terlalu lama

Mungkin jika sedang di udara dingin bawaannya kamu ingin mandi menggunakan air panas bukan? Padahal air panas itu ternyata membuat kamu jadi kering. Karena air panas akan membuka pori-pori lebih lebar dan akan mengikis minyak alami kulit sehingga kelembapan mu semakin berkurang. Sebagian ahli mengatakan bahwa idealnya mandi itu cukup hanya 5 – 10 menit saja untuk kesehatan kulit kamu.

2. Menggunakan sabun yang tidak sesuai jenis kulit

walaupun terdengar sepele ternyata kesehatan kulit kamu sangat dipengaruhi oleh sabun yang kamu gunakan saat mandi lho!  misalnya kalau kulit kamu cenderung kering,  kamu harus menggunakan sabun yang mengandung pelembab dan sebaliknya jika kamu cenderung berjerawat kamu harus gunakan sabun yang khusus untuk kulit berjerawat.  jadi, gunakan sabun yang cocok untuk kulit kamu ya!

3. Menggosok kulit terlalu keras

Selanjutnya, menggosok kulit dengan terlalu keras baik menggunakan tangan ataupun spons mandi. Sebenarnya menggosok kulit dengan telapak tangan sudah cukup lho untuk menghilangkan seluruh kotoran yang menempel di tubuh kamu. Tapi kalau kamu mau memakai spons mandi, kamu harus pastikan jangan menggosok terlalu keras agar tidak menghilangkan pelindung alami kulit. Kamu juga harus pastikan bahwa spons mandi yang kamu pilih bertekstur lembut dan jangan simpan di kamar mandi yaa karena suhu kamar mandi yang lembab cenderung mengundang bakteri ke seluruh spons mandi kamu.

4. Menggosok kulit kepala dengan kuku jari

Sering kali ketika kulit kepala kamu kotor, kamu pasti menggosoknya dengan kuku jari dengan keras. Tetapi, hal tersebut bisa menyebabkan pengelupasan dan melukai kulit kepala kamu. Nah. Sebenarnya kamu cukup menggunakan ujung jari kamu sembari memijat kulit kepala secara perlahan. Selain itu, hindari juga menjepit rambut dengan kedua tangan dan menggosokkan ketika keramas karena itu bisa menyebabkan rambut kamu bercabang.

5. Tidak membilas tubuh dengan bersih

Kamu harus pastikan bahwa shampoo dan sabun itu sudah terbilas dengan bersih. Karena kalau tidak hal itu dapat menyebabkan iritasi dan bisa menyebabkan jerawat termasuk jerawat di punggung. Untuk mencegah timbulnya jerawat punggung, kamu bisa melakukan dengan cara ini. Jadi saat kamu membilas shampoo, kamu miringkan kepala kamu agar sisa-sisa shampoo itu tidak turun ke punggung. Setelah itu pastikan lagi membilas tuuh dengan bersih.

Nah, itu dia kesalahan yang sering kamu lakukan saat mandi. Sahabat fimela pernah melakukan kesalahan yang mana nih? Sebaiknya jangan diulangi lagi yaa dan perhatikan informasi di atas.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading