Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Lama Panjang yang Bikin Stres

Fimela.com, Jakarta Ada sebagian perempuan yang ingin memiliki rambut panjang. Tetapi kalau rambut lama panjang, pasti menyebabkan sebagian perempuan stres dan tidak percaya diri. Penyebab rambut lama panjang dini bisa disebabkan karena beberapa faktor.

Salah satu penyebab rambut lama panjang adalah karena faktor keturunan. Pada umumnya, rambut akan bertambah panjang sekitar 1,5cm setiap sebulan sekali pada fasiĀ anagen atau pertumbuhan. Sebelum rambut mengalami fase catagen atau istirahat, dan fase telogen atau rontok.

Selain itu, masih ada beberapa faktor penyebab rambut lama panjang yang sering tidak disadari. Untuk itu, yuk simak artikel berikut ini, untuk mengetahui apa saja penyebab rambut lama panjang:

Penyebab Rambut Lama Panjang

1. Sering Menggunakan Alat Panas

Penyebab rambut lama panjang yang pertama, yaitu karena terlalu sering menggunakan alat panas, untuk mengeringkan rambut atau mengubah bentuk rambut. Paparan panas dariĀ hair dryerĀ atau catokan, bisa membuat rambut kering dan kurangnya kelembapan pada kutikula. Hal inilah yang menyebabkan rambut lama panjang.

2. Tidak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Kalau kamu jarang mengonsumsi makanan yang bergizi, maka kesuburan dan pertumbuhan rambut menjadi kurang baik, sehingga rambut akan lama panjangnya. Untuk mempercepat rambut panjang, sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki kandunganĀ biotin, zat besi vitamin D, E, C, dan asam lemak omega-3.

3. Kekurangan Cairan

Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk mepercepat pertumbuhan rambut. Saat tubuh kekurangan cairan, maka kelembapan rambut akan berkurang, sehingga rambut akan kering dan mudah patah. Selain itu, dehidrasi ini membuat penyaluran vitamin dari tubuh ke rambut terhambat.

Penyebab Rambut Lama Panjang

4. Stres

Penyebab rambut lama panjang yang selanjutnya, yaitu karena stres atau terlalu banyak pikiran. Saat sedang stres, saraf akan memberikan sinyal ke otak untuk menghentikan pertumbuhan rambut. Sehingga rambut memasuki fase kedua yaituĀ catagen atau istirahat, kemudian berlanjut pada fase telogen atau rontok.

5. Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Rambut lama panjang sering terjadi pada pemilik rambut rontok. Hal ini bisa disebabkan karena pengaruh mengonsumsi obat-obatan tertentu, sepertiĀ obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi. Lebih baik konsultasikan penggunaan obat tersebut dengan dokter, agar kesehatan rambutmu terjaga dengan baik.

Penyebab Rambut Lama Panjang

6.Terlalu Banyak Menggunakan Produk Perawatan Rambut

Rambut lama panjang tidak hanya disebabkan saat rambut kering, bahkan rambut yang berminyak juga bisa menyebabkan rambut lama panjang. Hal ini dipengaruhi olehĀ penggunaan produk perawatan rambut yang terlalu banyak. Saat produksi minyak berlebihan, maka pori-pori rambut akan tersumbat dan menyebabkan rambut tidak tumbuh.

7. Terlalu Sering Keramas

Penyebab rambut lama panjang yang terakhir adalah karena terlalu sering keramas. Padahal keramas adalah cara yang tepat untuk membersihkan rambut. Tetapi sering keramas bisa menyebabkan kelembapan rambut berkurang dan rambut mudah patah. Untuk itu, keramaslah sekitar 2 hingga 3 kali saja dalam seminggu, tidak perlu setiap hari atau setiap mandi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading