Sukses

Beauty

7 Penyebab Flek di Wajah yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Flek di wajah adalah salah satu masalah kulit yang biasa dialami saat memasuki usia 25 tahun keatas. Tentu saja munculnya flek hitam di wajah ini sangat mengganggu penampilan. Bahkan bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menurun.

Secara umum, penyebab flek di wajah adalah karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Munculnya flek di wajah yang juga sering disebut freckles ini, ditandai dengan adanya bintik-bintik berwarna cokelat di wajah, yang kemudian berubah menjadi warna hitam. Kondisi ini terjadi karena kulit mengalami penuaan dini.

Flek hitam di wajah ini memang agak susah untuk dihilangkan. Selain harus menggunakan skincare pencerah wajah secara rutin, Sahabat Fimela juga harus melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan yang dilakukan oleh dokter. Agar flek di wajah tidak muncul, yuk hindari penyebab flek di wajah berikut ini:

Penyebab Flek di Wajah

1. Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Penyebab flek di wajah yang pertama, yaitu karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Baik di dalam ruangan atau di luar ruangan, paparan sinar matahari bisa menembus lapisan kulit dan menyebabkan flek hitam. Untuk itu, sangat penting menggunakan tabir surya saat pagi dan siang hari, untuk mencegah timbulnya flek di wajah.

2. Hormon yang Tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon pada seseorang bisa menyebabkan munculnya flek di wajah. Biasanya flek hitam ini akan muncul pada saat memasuki trimester ketiga di masa kehamilan. Karena adanya perubahan hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating yang tidak stabil di dalam tubuh.

3. Sering Menggunakan Makeup

Penggunakan makeup sehari-hari bisa menyebabkan flek hitam muncul di wajah. Ada beberapa produk makeup yang membuat kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Bahkan dalam produk makeup terdapat kandungan bahan kimia yang menyebabkan produksi melanin berlebihan.

4. Faktor Usia

Semakin bertambahnya usia, flek hitam aka lebih banyak muncul di wajah. Karena produksi kolagen dan minyak alami di dalam tubuh mulai berkurang. Kurangnya koalgen bisa menyebabkan kulit menjadi keriput dan sel lapisan kurang rusak. Sehingga flek hitam akan lebih mudah muncul di kulit dan sering disebut dengan lentigine.

Penyebab Flek di Wajah

5. Faktor Keturunan

Munculnya flek di wajah bisa disebabkan karena faktor keturunan atau genetika. Biasanya flek di wajah akan lebih sering dialami oleh orang yang keturunan ispanik atau Latino, baik yang murni atau belasteran. Namun kemungkinan munculnya flek ini sekitar 20 hingga 70 persen saja.

6. Peradangan Kulit

Saat mengalami peradangan kulit yang disebabkan karena jerawat, alergi atau eksim, maka bekas peradangan kulit itu akan menyebabkan flek di wajah. Hal ini terjadi karena kulit kelebihan melanin dan terlihat lebih gelap daripada warna kulit normal.

7. Kurang Mengonsumsi Makanan Bergizi

Penyebab flek di wajah yang terakhir adalah karena kurang mengonsumsi makanan bergizi. Kekurangan makanan bergizi menyebabkan lapisan kulit menjadi tidak sehat. Untuk itu seringlah mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin lengkap, seperti vitamin B12, vitamin K, dan vitamin E.

Cara Menghilangkan Flek di Wajah

Tek perlu khawatir kalau kamu memiliki flek hitam di wajah. Karena flek di wajah dapat diatasi dengan mudah. Asalkan Sahabat Fimela melakukan perawatan wajah secara rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flek hitam adalah menggunakan skincare. Pastikan untuk menggunakan skincare yang memiliki kandungan brightening agents. Contohnya adalah niacinamide, galactomyces, arbutin, glutathione, tranexamic acid, licorice, mulberry extract, vitamin C dan vitamin E.

Selain menggunakan skincare, lakukan perawatan kulit di klinik kecantikan untuk terapi laser, cryosurgery atau chemical peeling, yang dilakukan oleh dokter kulit. Jangan lupa juga gunakan tabir surya di pagi dan siang hari, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading