Sukses

Beauty

5 Rahasia Cantik Alami Perempuan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela tahu tidak, kalau dari zaman dahulu minuman tradisional sudah dimanfaatkan oleh nenek moyang kita untuk mengobati penyakit, menjaga kesehatan, dan menjaga penampilan lho! Salah satu minuman tradisonal tersebut adalah jamu. Jamu terkenal mempunyai banyak khasiat karena kandungan alami dari rempah-rempah nya. Salah satu khasiat jamu adalah dapat membantu sahabat fimela menjaga kecantikan secara alami. Kira-kira jamu apa saja yang berkhasiat untuk kecantikan ya? Yuk simak infonya berikut ini!

1. Kunyit asam

Dalam kunyit asam terkandung vitamin A dan C yang mampu mencerahkan kulit dan juga menghilangkan jerawat. Bahan yang digunakan untuk membuat kunyit asam adalah buah asam. Tapi, kamu juga bisa menambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedaung, dan juga perasan jeruk nipis untuk membuat rasanya lebih nikmat.

2. Jamu gepyokan

Gepyokan dalam bahasa jawa yaitu “dipukul-pukul”. Jamu ini bisa dinamakan gepyokan karena bahan yang berupa kunyit, kencur, lengkuas, jahe, temu giring, temu lawak, daun katuk, dan lempuyang semua dipukul-pukul. Kemudian, ditambahkan gula lalu direbus. Jamu ini bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, mengecilkan perut, dan juga bermanfaat untuk menambah asi bagi sahabat fimela yang sedang menyusui.

3. Beras kencur

Selanjutnya adalah beras kencur. Beras kencur dapat mengatasi masalah jerawat, membuat kulit lebih cerah dan kencang, serta membantu membentuk tubuh kamu agar tetap ramping. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu beras kencur yaitu olahan beras, olahan kencur, asam, kunyit, jahe, kedaung, dan kapulaga. Rasa beras kencur yang manis dan segar membuat jamu ini banyak disukai oleh berbagai kalangan.

4. Jamu bersih darah

Jamu ini berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bisul, alergi, dan menghilangkan bercak hitam. Bahan-bahan untuk membuat jamu ini yaitu temu lawak, kunyit, temu ireng, daun ayang-ayang, akar alang-alang, daun pegagan, kulit kayu pulai, dan daun bidaralaut.

5. Sinom

Terakhir adalah sinom. Biasanya kalau sahabat fimela habis meminum jamu, pasti diberikan sinom. Sinom ini berguna untuk menetralisir rasa jamu yang rasanya pahit. Sinom yaitu daun asam jawa yang biasanya masih muda dan juga di ramu dengan kunyit, temu lawak, kayu manis, kapulaga, dan gula putih. Tidak hanya rasanya yang enak, tapi sinom juga bisa menyegarkan tubuh dan membantu proses detoksifikasi. Nah, kalau detoksifikasinya bagus kamu bisa tampil cantik tampa jerawat lho!

Di atas adalah beberapa jamu yang bisa menjadi ramuan khusus untuk mempercantik kulit kamu. Sahabat fimela mau mencoba buat jamu apa nih? bisa mencobanya di rumah ya.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading