Sukses

Beauty

9 Penyebab Jerawat Kecil Bernanah yang Mengganggu Penampilan

Fimela.com, Jakarta Jerawat kecil bernanah sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Munculnya jerawat kecil bernanah ini, biasanya disertai dengan peradangan di sekitar kulit. Sehingga menyebabkan rasa sakit dan kemerahan di wajah.

Secara umum, jerawat kecil bernanah ini disebabkan karena jerawat terinfeksi oleh bakteri atau kuman. Biasanya bakteri atau kuman ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Nanah yang keluar dari jerawat ini, adalah reaksi alami tubuh untuk menyerang bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Tak perlu khawatir jika memiliki jerawat kecil bernanah. Karena masalah kulit ini dapat diatasi dengan menggunakan produk skincare yang mengandung benzoil peroksida, AHA, BHA, retinol, tea tree oil dan lain sebagainya. Berikut penyebab jerawat kecil bernanah yang mengganggu penampilan:

Penyebab Jerawat Kecil Bernanah

1. Faktor Keturunan

Penyebab jerawat kecil bernanah yang pertama adalah karena faktor keturunan. Kalau kamu memiliki keluarga dengan keturunan kulit berjerawat dan berminyak, maka kamu akan berisiko terkena jerawat kecil bernanah. Tetapi kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan wajah secara rutin.

2. Terlalu Banyak Pikiran

Sebaiknya kontrol pikiranmu dengan baik. Karena terlalu banyak pikiran bisa menyebabkan munculnya jerawat kecil bernanah. Saat mengalami stres, maka tubuh akan memproduksi hormon androgen. Sehingga kelenjar minyak dan folikel rambut akan memproduksi minyak lebih banyak, yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Perubahan Hormon

Seorang perempuan akan sering mengalami perubahan hormon, apalagi pada saat fase haid, hamil, menyusui dan menjelang menopause. Saat mengalami perubahan hormon ini, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak. Sehingga kulit wajah akan rentan terkena jerawat kecil bernanah. Jerawat akan segera sembuh saat hormon dalam tubuh kembali normal.

Penyebab Jerawat Kecil Bernanah

4. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Walaupun mencuci wajah dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri atau kuman penyebab jerawat, tetapi kebiasaan terlalu sering mencuci wajah justru memperparah kondisi jerawat. Kandungan dalam sabun pencuci wajah bisa mengiritasi kulit. Sehingga akan memicu munculnya jerawat kecil bernanah.

5. Sering Memegang Wajah

Penyebab jerawat kecil bernanah yang selanjutnya, yaitu kebiasaan buruk sering memegang wajah. Padahal di tangan terdapat banyak sekali kotoran, kuman dan bakteri yang menempel. Jika sering memegang wajah, maka kotoran yang menempel di tangan akan pindah ke wajah. Kemudian menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat kecil bernanah.

6. Salah Menggunakan Produk Makeup

Penggunaan makeup sehari-hari yang terlalu tebal bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Makeup yang terlalu tebal juga bisa mengakibatkan komedo di wajah dan menyumbat pori-pori. Untuk menghindari jerawat, sebaiknya gunakan makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan non-comedogenic.

Penyebab Jerawat Kecil Bernanah

7. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan atau junk food, bisa menyebabkan kandungan kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak, dan menjadi penyebab jerawat kecil bernanah. Untuk itu kurangilah mengonsumsi makanan berlemak.

8. Sering Begadang

Terlalu sering begadang menghambat proses regenerasi kulit, dan membuat produksi kolagen melambat. Hal ini menyebabkan kulit wajah menjadi mudah berjerawat, perubahan hormon tidak teratur, dan pikiran menjadi stres.

9. Mengonsumsi Produk Olahan Susu

Penyebab jerawat kecil bernanah yang terakhir adalah karena sering mengonsumsi produk olahan susu. Walaupun produk olahan susu baik untuk meningkatkan sistem imunitas dan menguatkan tulang, tetapi di dalam produk olahan susu mengandung lemak jenuh penyebab meningkatkan produksi minyak di tubuh. Saat kulit berjerawat, sebaiknya hindari mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt, mentega putih dan semacamnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading