Sukses

Beauty

3 Tips Merawat Kulit di Bagian Lipatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Bagian lipatan tubuh seperti ketiak, siku, lutut, dan bagian privat tubuh, seringkali memiliki warna kulit yang tidak merata dan cenderung lebih gelap. Hal ini seringkali membuat kita malu jika memakai pakaian yang terbuka di bagian ketiak ataupun lutut. Bagian lipatan kulit juga memiliki kulit lebih kasar. 

Terlebih ketiak yang seringkali memiliki kulit kasar dan bertekstur. Selain karena memang bagian lipatan, kulit ketiak sering kali menjadi kasar akibat menggunakan produk kecantikan. Kebiasaan mencukur, menggunakan waxing, dan lainnya dapat memicu kulit menjadi kasar. Kondisi ini biasa disebut dengan chicken skin.

Untuk meminimalisir kulit bertekstur dan belang pada bagian lipatan kulit, kamu dapat melakukan beberapa tips. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Membersihkan Kulit dengan Micellar Water atau Oil Cleanser

Usahakan setelah beraktivitas dan sebelum mandi untuk membersihkan bagian ketiak, siku, dan lutut menggunakan micellar water atau oil cleanser. Untuk bagian privat dapat tidak mengikuti tahap ini, karena kulit di bagian tubuh privat, jauh lebih sensitif dibandingkan kulit di bagian tubuh lainnya. Cara penggunaannya adalah sama dengan bagaimana kamu menghapus makeup, yaitu dengan menggosok perlahan bagian ketiak, siku, dan lutut dengan kapas yang telah diberi micellar water atau oil cleanser.

Menggunakan Scrub

Setelah membersihkan bagian ketiak, siku, dan lutut, dilanjutkan dengan menggunakan scrub untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang tersisa di permukaan kulit. Menggunakan scrub juga dapat meminimalisir adanaya chicken skin di permukaan kulit. Untuk bagian tubuh, scrub yang digunakan dapat beragam seperti barg salt dengan body oil, body scrub, dan lulur. Sedangkan untuk bagian ketiak dan bagian privat, dapat menggunakan scrub khusus yang tentunya memiliki butiran scrub yang lebih kecil dan lebih gentle untuk digunakan di bagian sensitif.

Menggunakan Produk Brightening

Penggunaan micellar water atau oil cleanser dan scrub tidak akan cukup jika tidak diimbangi dengan penggunaan produk brightening untuk memberikan hasil yang lebih maksimal bagi kulit. Untuk bagian tubuh, dapat digunakan body lotion yang memiliki kandungan niacinamide dan atau Vit C yang efektif untuk meratakan warna kulit dan memberikan efek mencerahkan. Sedangkan untuk bagian ketiak, dapat menggunakan perawatan khusus seperti serum ataupun cream yang memang diformulasikan untuk ketiak dan kulit sensitif.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya Sahabat Fimela.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading