Sukses

Beauty

4 Cara Memilih Sabun Wajah untuk Kulit Berjerawat Serta Rekomendasi Produknya

Fimela.com, Jakarta Siapa pun yang pernah berurusan dengan jerawat pasti memahami bahwa, jika melakukan perawatan yang salah, jerawat akan jauh lebih intens menjalar dan bertambah banyak

Salah satu hal penting untuk merawat kulit berjerawat tentunya dengan menjaga kebersihannya, salah satunya dengan mencuci wajah. Dikutip dari The Strategist, Tess Adams yang merupakan seorang facialist dan pendiri spa “Take Care” di New York berpendapat bahwa mencuci wajah sangatlah penting karena membantu menyeimbangkan pH kulit.

Meskipun kulit harus memiliki sedikit asam untuk mencegah bakteri dan memberikan kelembapan, kulit yang rentan jerawat cenderung terlalu asam, yang menyebabkan peradangan. Sehingga penting untuk menyeimbangkannya. Pembersih juga membunuh polutan dan bakteri yang kita serap dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

4 Tips Memilih Produk Sabun Wajah yang Tepat

Mengenal tipe  kulit

Sebelum memilih pembersih, perlu mengetahui tipe kulit Anda sebenarnya. Selain rawan jerawat, kulit Anda juga bisa menjadi sangat berminyak, kering, atau sensitif, yang berdampak pada pembersih mana yang harus dipilih.

Mereka yang memiliki kulit sensitif harus memilih bahan aktif pelawan jerawat dosis ringan, sedangkan mereka yang memiliki kulit ekstra berminyak mungkin ingin menggunakan sesuatu yang kuat, dan orang dengan kulit kering perlu mencari lebih banyak yang menghidrasi secara aktif, seperti hyaluronic acid.

Perhatikan kandungan bahan aktif

Dua bahan aktif yang paling umum adalah salicylic acid dan benzoyl peroxide. Salicylic acid mengurangi pembengkakan dan kemerahan di sekitar area yang meradang, dan membuka pori-pori dan memungkinkan jerawat mengecil. Benzoyl peroxide bekerja sebagai antiseptik untuk mengurangi jumlah bakteri pada kulit Anda yang dapat menyebabkan jerawat lebih lanjut.

Tekstur

Preferensi pribadi memainkan peran besar dalam tekstur apa yang harus dipilih untuk pembersih. Kembali kepada tipe kulit, pembersih berbusa bisa sangat mengeringkan, seperti halnya beberapa pembersih gel. Sedangkan tekstur krim lebih menghidrasi. 

Formula non comedogenic

Noncomedogenic berarti produk tidak akan menyumbat pori-pori, yang merupakan kunci untuk semua kulit berjerawat, apa pun jenis kulitnya. Dermatologist Dr. Whitney Bowe mengatakan, “Saya menyarankan semua pasien saya, tetapi terutama mereka yang berjerawat, untuk menghindari sulfat,” karena sulfat adalah bahan yang terbukti menyumbat pori-pori bersama dengan wewangian. 

4 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Kulit Berjerawat

1. Acnes Natural Care Complete White Facewash

Rekomendasi sabun wajah yang pertama adalah Acnes Natural Care Complete White Facewash. Produk sabun wajah ini memiliki formula khusus untuk merawat wajah yang berjerawat. Produk ini diperkaya dengan bearberry extract, mitracarpus scaber extract dan vitamin C, yang cocok digunakan usia remaja maupun dewasa.

2. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Produk sabun wajah dari Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel, bisa digunakan untuk kulit berjerawat maupun kulit sensitif, karena memiliki kandungan purifying zinc dan witch hazel extract, yang bisa membuat kulit wajah tetap lembap dan lembut. 

3. ElshéSkin Acne Cleansing Wash

Rekomendasi sabun wajah yang selanjutnya adalah ElshéSkin Acne Cleansing Wash. Sabun wajah ini memiliki kandungan salicylic acid dan sulfur, yang bisa menenangkan kulit berjerawat dan mengontrol produksi minyak.

4. Somethinc Low pH

Pembersih wajah berbahan vegan dengan tekstur jelly & kandungan gentle, diformulasikan dengan Japanese Mugwort, Tea Tree, Teruji klinis menyimbangkan pH kulit tanpa membuat kulit kering, tertarik & merusak barier kulit.

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading