Sukses

Beauty

5 Rekomendasi Sabun Wajah untuk Wajah Berjerawat

Fimela.com, Jakarta Mencuci wajah adalah salah satu metode perawatan wajah yang wajib dilakukan. Mencuci wajah dengan sabun, bisa membantu mengangkat kotoran yang menempel di wajah, menyeimbangkan pH kulit dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Tetapi tidak semua sabun wajah cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Bagi pemilik kulit yang berjerawat, harus ekstra hati-hati dalam memilih sabun wajah, agar tidak mengiritasi kulit dan memicu munculnya jerawat yang baru.

Sabun wajah yang cocok digunakan untuk kulit berjerawat adalah sabun wajah yang mengandung senyawa anti bakteri, anti inflamasi dan tidak mengandung zat aditif kimia. Agar tidak bingung memilih produk sabun wajah untuk kulit berjerawat, berikut rekomendasi sabun wajah untuk wajah berjerawat, dilansir dari berbagai sumber:

Kandungan Sabun Wajah untuk Wajah Berjerawat

Tidak semua kandungan dalam sabun muka bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Ada beberapa kandungan bahan aktif dalam sabun muka, yang bisa menyebabkan jerawat semakin parah dan iritasi berlebih. Beriku kandungan sabun muka yang bisa digunakan untuk wajah berjerawat:

Kandungan Anti Inflamasi

Karena kulit wajah berjerawat menyebabkan peradangan di kulit, maka wajah yang berjerawat memerlukan kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi, untuk megurangi peradangan dan kemerahan di wajah berjerawat. Kandungan anti inflamasi yang terdapat dalam sabun wajah adalah dipotassium glycyrrhizinate, allantoin dan stearyl glycyrrhetinate.

Kandungan Antiseptik

Untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat, gunakan sabun wajah yang memiliki kandungan antiseptik seperti O-Cymen-5-OL atau Isopropyl methylphenol. Walaupun sedikit membuat kulit menjadi kering, tetapi kandungan tersebut ampuh mempercepat keringnya jerawat.

Kandungan untuk Kulit Berminyak

Produksi minyak berlebih bisa menyebabkan kulit menjadi berjerawat. Sehingga gunakan produk sabun wajah yang mengandung salicylic acid atau asam salisilat, yang berfungsi untuk mengontrol produk minyak di kulit dan menyeimbangkan pH kulit.

Cara Memilih Sabun Wajah

Agar tidak menyebabkan iritasi dan inflamasi, pilihlah sabun muka yang tidak memiliki kandungan zat aditif kimia seperti alkohol, parfum dan paraben. Kandungan ini akan menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

Kemudian pilihlah sabun wajah yang memiliki klaim non comedogenic, sehingga tidak menyebabkan kulit menjadi berkomedo atau menyebabkan pori-pori jadi tersumbat. Hindari menggunakan sabun wajah yang memiliki tekstur scrub, karena sifatnya yang abrasif bisa membuat kulit berjerawat kemerahan dan over eksfoliasi.

Terakhir, pilihlah sabun wajah yang memiliki kandungan yang melembapkan, seperti aloe vera extract dan chamomile extract, untuk menjaga tekstur kulit berjerawat tetap lembap dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Rekomendasi Sabun Wajah

1. Acnes Natural Care Complete White Facewash

Rekomendasi sabun wajah yang pertama adalah Acnes Natural Care Complete White Facewash. Produk sabun wajah ini memiliki formula khusus untuk merawat wajah yang berjerawat. Produk ini diperkaya dengan bearberry extract, mitracarpus scaber extract dan vitamin C, yang cocok digunakan usia remaja maupun dewasa, dengan harga jual sekitar Rp 35ribuan.

2. Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Produk sabun wajah dari Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel, bisa digunakan untuk kulit berjerawat maupun kulit sensitif, karena memiliki kandungan purifying zinc dan witch hazel extract, yang bisa membuat kulit wajah tetap lembap dan lembut. Harga dari sabun wajah ini sekitar Rp 30ribuan.

3. ElshéSkin Acne Cleansing Wash

Rekomendasi sabun wajah yang selanjutnya adalah ElshéSkin Acne Cleansing Wash. Sabun wajah ini memiliki kandungan salicylic acid dan sulfur, yang bisa menenangkan kulit berjerawat dan mengontrol produksi minyak. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 60ribuan.

4. Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Produk dari Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam, memiliki kandungan yang ampuh membasmi kulit berjerawat dan beruntusan. Karena memiliki kandungan Thymo-T Essence dan salicylic acid. Produksi minyak di kulit wajah akan lebih terkontrol jika menggunakan sabun wajah ini, yang dijual dengan harga Rp 20ribuan.

5. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Rekomendasi sabun wajah untuk wajah berjerawat yang terakhir, yaitu produk dari The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash. Dengan kandungan tea tree extract, sabun wajah ini bisa merawat kulit berjerawat, membuat kulit jadi lebih segar dan mengurangi peradangan di kulit wajah. Harga produk ini sekitar Rp 149ribuan.

PLAYLIST VIDEO 3 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
50 Kata-kata Tentang Ikhlas yang Menentramkan Hati dan Pikiran
Artikel Selanjutnya
70 Kata-Kata Mutiara Bahasa Arab yang Bisa Dijadikan Semangat dan Motivasi