Sukses

Beauty

6 Tanda Parfum Kedaluwarsa, Kenali Ciri-Cirinya yang Wajib Diketahui

Fimela.com, Jakarta Parfum menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak dikoleksi oleh orang-orang. Baik laki-laki atau perempuan, mengoleksi parfum akan jadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Tapi tahukah kamu jika parfum memiliki masa kedaluwarsa? Meskipun sulit untuk mengetahui, bagaimana cara kenali parfum yang sudah kedaluwarsa atau belum selain melihat tanda dari tanggal yang tertera, rupanya parfum yang kedaluwarsa memiliki ciri-ciri fisik yang menandakannya. 

Banyak unsur yang menyebabkan parfum kedaluwarsa sebelum tanggal pemakaiannya. Diantaranya adalah udara, paparan sinar UV, kemasan botol, dan sejumlah tanda lainnya. Selain menyebabkan aroma parfum jadi tidak tahan lama, sejumlah ciri lainnya menandakan jika parfum tersebut sudah kedaluwarsa. Penasaran apa saja? Simak 6 tanda parfum kedaluwarsa berikut ini. 

Tanda Parfum Kedaluarsa:

1. Muncul kerak pada sudut dispenser

Perhatikan pada ujung dispenser parfum. Jika terdapat kerak atau kristal di bagian sudut semprotannya, makan menandakan parfum sudah kedaluwarsa. biasanya aromanya juga akan berubah menjadi tengik sehingga tidak lagi menyenangkan saat dipakai. Jika kamu menemukan kerak pada dispenser parfum, segera bersihkan dan cobalah untuk semprotkan untuk mengetahui lebih pasti kondisi parfum tersebut. 

 

 

2. Cairan parfum berubah warna

2. Cairan parfum berubah warna

Cek juga pada bagian cairan parfum. Apakah terjadi perubahan warna? Jika warna menjadi keruh, maka tandanya cairan sudah terkontaminasi. Biasanya cairan parfum memiliki warna bening. Di saat parfum keruh, maka adanya bakteri dan jamur di dalam parfum. Lakukan tes sederhana pada parfum dengan mengocok botol dan perhatikan cairannya. Jika ada partikel yang melayang, itu menandakan jamur dan parfum harus dibuang. Tapi jika tidak, maka  perubahan warna disebabkan oleh agresi lingkungan seperti hawa panas dan lain sebagainya. 

3. Terjadi iritasi saat disemprotkan ke kulit

Ciri lainnya saat kamu menemukan parfum sudah kedarluwarsa adalah rasa gatal dan panas pada saat kontak ke kulit. Hal ini juga bisa memandakan masa penggunaan parfum sudah usai, dan sebaiknya tidak lagi digunakan karena bisa sebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya. 

 

4. Muncul sedimentasi

Hal lainnya yang bisa menandakan parfum kedaluwarsa adalah munculnya sedimentasi padat atau endapan bahan parfum yang ada di bawah botol. Jika muncul endapan pada parfum yang kamu miliki, maka tandanya parfum sudah terlalu lama disimpan dan sebaiknya hentikan penggunaannya segera. 

5. Cek tanggal kedaluwarsa

Beberapa brand parfum ada yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa di bagian bawah botol dan ini bisa Anda jadikan patokan untuk menggunakan parfum. Tapi jika tidak ada tanggal kedaluwarsanya, Anda bisa melihat batch code yang biasanya tertulis di bagian bawah botol.

 

6. Aroma parfum yang berubah

Hal lain yang bisa menandakan parfum kedaluwarsa adalah perubahan pada aromanya. Di saat aroma parfum tidak lagi seperti wangi semula, maka bisa menandakan parfum sudah terlalu lama dan terkontaminasi, menyebabkan aroma parfum yang berubah. 

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading