Sukses

Beauty

Merawatan Kecantikan Wajah dan Tubuh Sekaligus Melindungi Bumi Agar Bebas Sampah Lewat 3 Langkah Berikut

Fimela.com, Jakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) menyebut total sampah nasional pada 2021 mencapai 68,5 juta ton. Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen, atau sekitar 11,6 juta ton, disumbang oleh sampah plastik termasuk di antaranya wadah kosmetik dan perawatan kecantikan, dan bubblewrap.

Menangani masalah sampah tersebut tidak bisa hanya satu pihak saja, melainkan diperlukan kolaborasi yang baik antar pemerintah, pelaku industri, konsumen, swasta dan masyarakat pada umumnya dalam mengurangi dan mendaur ulang produk kemasan bekas pakai.

"Kami percaya peran aktif semua pihak diperlukan untuk menangani masalah sampah di Indonesia," ujar Saka Dwi Hanggara, Campaign Manager of Waste4Change.

Untuk itu, setelah Januari lalu Sociolla memperkenalkan langkah besar untuk mengatasi sampah dari produk kecantikan melalui kebijakan zero bubble wrap dan gerakan Waste Down Beauty Up untuk mendorong perilaku. Kali ini Sociolla kembali memiliki program jangka panjang untuk mendorong masa depan yang sustainable bagi industri kecantikan di Indonesia, yaitu dengan berkolaborasu dengan brand kecantikan Sukin yang didukung oleh Waste4Change.

Co-Founder & CMO Social Bella Indonesia, Chrisanti Indiana mengatakan kolaborasi yang bertajuk Waste Down Kindness Up: Sukin xSociolla Recycle Station ini akan menghadirkan Recycling Station di semua gerai omnichannel Sociolla yang tersebar di 34 lokasi di penjuru Indonesia.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk mempromosikan perilaku belanja produk kecantikan yang lebih bertanggung jawab lagi terhadap lingkungan di kalanganpara penggiat kecantikan. Kini, mengimplementasikan prinsip 3R, yaitu Recycle, Reduce, Repeat, akan semakin mudah dan nyaman dilakukan sehari-hari.

"Setelah sebelumnya mengadvokasi, mempromosikan, serta membantu pelanggan melakukan pembelian produk kecantikan secara bijak, kini Sociolla akanmelanjutkan perjalanan kami untuk membantu para penggiat kecantikan dengan sarana pendukung berupa recycling station. Kami berharap Sociolla dapat terus mendukung mereka untuk merawat dirinya sembari tetap ikut menjaga lingkungan secara berkelanjutan. Melalui langkah-langkah kecil dan inovasiini, bersama-sama kita masing-masing dapat menjadi agen perubahan bagi bumi dan lingkungan," ujar Chrisanti dalam konfersi pers Kolaborasi Sukin dan Sociolla.

Mengurangi hingga 1 ton limbah

Vania Anisya, Brand Manager of Sukin Indonesia mengatakan jika Sukin, sebagaibrand yang peduli akan masyarakat dan lingkungan, Sukin berkomitmen untuk memastikan kandungan produk, kemasan, hingga proses produksi dilakukan secara etis dan ramah lingkungan.

“Kami harap kolaborasi ini dapat meningkatkan kesadaran para pecinta kecantikan untuk mengimplementasikan 3R, yaitu Recycle, Reduce, Repeat," ujarnya.

Kolaborasi ini juga Vania mengatakan dapat memperkuat upaya sustainability dalam menyebarkan kebaikan terhadap pelanggan dan bumi yang kita cintai melalui gerakan Waste Down Kindness Up, Sukin pun berharap dapat mengurangi hingga 1 ton limbah produk kecantikan di tempat pembuangan akhir danjuga menggunakan kemasan plastik yang 100% hasil daur ulang pada tahun 2025.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Kedepannya, Recycle Station ini akan menjadi fitur wajib di setiap Sociolla Store baru. Untuk berpartisipasi dalam inisiatif Waste DownKindness Up: Sukin X Sociolla Recycle Station, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Collect The Empties: Kumpulkan dulu kemasan produk kecantikan dari brand apapun yang kamu miliki berdasarkan materinya, baik itu plastik, kaca dan lainnya dan mencopot label dari kemasan

2. Cleanse & Rinse: Pastikan kemasan produk kecantikan yang akan dikumpulkan untuk daur ulang sudah dicuci terlebih dahulu agar dalam keadaan bersih, kemudian keringkan dengan seksama, dan pastikan tidak ada lagi sisa produk di kemasan

3. Come & Drop It Off: Datangi Sociolla Store terdekat untuk drop off kemasan kosong produk kecantikan yang nantinya akan dikelola oleh mitra kami yaitu Waste4Change. Setiap 1 kemasan dapat ditukarkan dengan 5 SOCO Points.

Serta bisa menulis harapanmu untuk bumi ataukesan dan pesanmu terhadap program ini melalui sticker cantik yang telah tersedia untuk ditempelkan di Recycle Station yang tersedia

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading