Sukses

Beauty

4 Langkah Mencuci Wajah yang Benar agar Efek Skincare Lebih Maksimal, Wajib Tahu!

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit yang glowing, cerah, dan bebas jerawat merupakan dambaan bagi banyak orang. Untuk mencapai hal tersebut, dibutuhkan berbagai macam usaha, salah satunya dengan menggunakan produk skincare.

Namun sayangnya, tak sedikit dari mereka yang mengeluhkan kulit wajah tidak kunjung membaik meski sudah menggunakan berbagai macam jenis skincare.

Hati-hati Sahabat Fimela, bisa jadi teknik mencuci wajah kamu yang salah. Sebagai dasar dari rutinitas skincare, mencuci wajah merupakan langkah yang penting dan tak boleh terlewatkan agar skincare kamu bekerja secara maksimal.

“Membersihkan makeup dan kotoran dari aktivitas harian akan membantu mempersiapkan kulit untuk rangkaian skincare selanjutnya. Kebiasaan ini juga membantu proses regenerasi kulit di waktu tidur,” kata dokter kulit, Dr. Jennifer Haley, dikutip Healthline.

 

1. Hapus Semua Makeup

Langkah pertama dalam mencuci wajah adalah membersihkan semua makeup yang menempel di kulitmu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan makeup remover seperti micellar water atau cleansing balm.

Makeup remover berfungsi untuk mengangkat semua makeup dan kotoran yang menempel di wajah, sehingga saat menggunakan face wash, wajah bersih secara maksimal.

“Makeup remover berguna untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat, maka kulit akan terlihat kusam,” kata Haley.

2. Pilih Sabun Berbahan Lembut

Pemilihan sabun juga berpengaruh kepada proses pembersihan wajah. Oleh karena itu, sebelum mencuci wajah, pastikan face wash yang digunakan cocok di kulit kamu.

Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras sampai membuat kulit wajah kering dan seperti ‘tertarik’. Carilah sabun yang lembut, tanpa busa berlebihan, sebaiknya juga tanpa pewangi tambahan dan alkohol.

3. Tidak Berlebihan Memakai Sabun

Tak banyak orang yang mengetahui, banyaknya sabun yang digunakan untuk membersihkan kulit wajah juga berpengaruh terhadap efektivitas skincare yang digunakan.

Menurut dr. Haley, sabun cuci muka yang terlalu banyak tidak baik untuk kulit. Sebab hal ini justru bisa membuat kulit jadi kering. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu berlebihan dalam menggunakan sabun wajah. Cukup tuangkan sedikit sabun wajah pada jari kamu, lalu usapkan secara perlahan.

4. Jangan Mencuci Wajah Lebih dari Dua Kali

Mencuci wajah sebaiknya dilakukan tidak lebih dari dua kali sehari. Sebab, menurut American Academy of Dermatology (AAD), jika mencuci wajah dilakukan terlalu sering, efeknya bisa membuat kulit jadi terasa kering.

Adapun waktu mencuci wajah yang efektif adalah dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading