Sukses

Beauty

6 Cara Alami Terbaik Mengatasi dan Mencegah Tampilan Garis Halus di Kulit Sekitar Mata

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kamu pasti melihat banyak perubahan pada kulit, terutama di sekitar mata. Kerutan dan garis halus adalah hal yang tak terhindarkan dari bertambahnya usia, serta banyak penyebab yang berkontribusi.

Kulit di sekitar mata sangat tipis, halus, dan rentan. Garis halus di sekitar mata disebabkan oleh kombinasi hilangnya kolagen, elastin, volume, dan lemak alami akibat kulit yang menua.

Sering menggunakan otot orbicularis oculi di sekitar mata juga cenderung menciptakan garis halus ini. Saat menyipitkan mata dan mengekspresikan emosi yang berulang akan menyebabkan garis terbentuk, seperti dilansir dari huffpost.com.

Kulit yang menua juga kurang mampu menahan kelembapan dan kulit kering akan lebih mudah keriput. Selain itu, paparan lingkungan dari radiasi UV atau asap dari waktu ke waktu juga bisa menyebabkan kerutan.

Tapi jangan khawatir. Kamu masih memiliki beberapa pilihan cara untuk mengatasi dan mencegah tampilan kerutan dan garis halus di kulit area mata.

 

 

1. Menggunakan krim mata berbasis retinol

Salah satu yang membantu mencegah dan mengatasi kerutan adalah retinol. Menggunakan retinol atau krim retinoid bisa membantu mencegah proses penuaan.

2. Menyentuh kulit di sekitar mata secara perlahan

Menggosok area mata bisa menyebabkan munculnya garis halus dan pigmentasi. Inilah mengapa kamu sering disarankan untuk menyentuh area tersebut dengan sangat perlahan atau lembut, jangan menggosok. Berhati-hatilah saat mencuci muka atau merias wajah atau menggunakan produk tertentu, hindari menarik berulang kali pada kulit di sekitar mata.

3. Menggunakan produk dengan peptida

Retinol memang sangat disarankan, tapi saat bicara tentang cara mengatasi garis halus, banyak ahli juga memuji manfaat dari peptida. Peptida pada dasarnya adalah turunan dari asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein, seperti kolagen dan elastin.

4. Jangan melewatkan tabir surya

Paparan sinar matahari atau radiasi UV adalah penyebab lain dari munculnya tampilan garis halus dan kerutan. Pastikan area mata dan seluruh kulit terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya ber-SPF 30 atau lebih tinggi dan mengenakan kacamata hitam anti UV. Topi dan kacamata hitam akan membantu mencegahmu menyipitkan mata di bawah sinar matahari, yang hanya akan memperburuk tampilan garis halus.

5. Jangan merokok

Merokok buruk bagi setiap sistem organ, termasuk kulit. Jika kamu merokok, anggap bahwa munculnya kerutan atau garis halus sebagai sinyal bahwa sudah waktunya menghentikan kebiasaan ini. Selain berhenti merokok, praktikkan juga gaya hidup sehat, seperti tidur tepat waktu, istirahat yang cukup, olahraga, melakukan manajemen stres, dan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

6. Fokus meningkatkan hidrasi

Krim mata yang baik adalah yang bisa menghidrasi atau melembapkan area mata. Asam hialuronat bisa membantu mengencangkan kulit di sekitar mata, sehingga meminimalisir tampilan garis halus di area tersebut. Pastikan juga tubuhmu terhidrasi dengan minum air yang cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading