Sukses

Beauty

Cara Merawat Softlens Baru yang Benar Supaya Tidak Mengalami Iritasi Mata

Fimela.com, Jakarta Softlens atau lensa kontak adalah lapisan tipis berpentuk kepingan yang terbuat dari plastik dengan kandungan air dan digunakan langsung pada kornea mata. Softlens berfungsi sebagai alat yang membantu mempertajam penglihatan sama seperti kaca mata sehingga biasanya digunakan sebagai pengganti kaca mata. Namun, kamu juga bisa mengenakan softlens normal untuk fashion dan melengkapi riasan sehari-hari.

Ketika membeli softlens baru, tentunya kamu harus memindahkan kepingan softlens dari kemasan ke tempat softlens pribadimu. Untuk itu kamu perlu memahami apa saja yang perlu kamu lakukan supaya softlens tersebut tidak robek dan membuat perih di mata. Sebelum membuka segel softlens, perhatikan tanggal kedaluarsa dan apakah minus yang kamu pesan sudah sesuai atau belum. 

Sebelum membuka segel, pastikan kamu sudah mencuci tangan sehingga tidak membuat lensa kontak kotor. Pastikan juga untuk mencuci case softlens yang akan kamu gunakan sebagai tempat softlens. Berikut adalah cara merawat softlens baru dengan baik dan benar.

Isi lenscase dengan cairan softlens

sebelum membuka segel softlens, ada baiknya jika kamu mengisi tempat softlens yang sudah dicuci dengan cairan soflens setidaknya 2/3 bagian. Kemudian rendam softlens baru setidaknya empat jam sebelum pemakaian untuk menghindari iritasi dan mata perih.

Mencuci softlens secara rutin

Sangat penting bagi kamu untuk mencuci softlensmu secara berkala. Caranya adalah dengan menaruh softlens di telapak tangan yang sudah bersih, kemudian teteskan cairan softlens sekitar 2-3 tetes, kemudian gosok ringan softlens. Setelah diriasa bersih, masukkan softlens dalam softlens case dan bilas dengan cairan softlens yang baru.

Memilih softlens dan cairan soflens yang berkualitas

Usahakan untuk membeli softlens dan cairan softlens yang memiliki kualitaas baik sehingga softlens tersebut nyaman dipakai di mata, dan cairan softlens tersebut juga tidak membuat mata iritasi.

Memperhatikan kebersihan tangan

Jika kamu tidak ingin merasa perih dan mengganjal saat memakai softlens, maka perhatikan kebersihan tanganmu. Meskipun kamu menggunakan alat untuk mengambil dan memasang softlens, usahakan untuk tetap mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun

Memperhatikan kebersihan case softlens

Selain perlu mencuci softlens secara berkala, kamu juga perlu mencuci caase softlens agar dapat menjaga softlens untuk tetap bersih dan terhindar dari bakteri. 

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

What's On Fimela
Loading