Sukses

Beauty

How To: Cara Tepat Memasang dan Melepaskan Softlens agar tidak Perih di Mata

Fimela.com, Jakarta Memasang softlens mungkin tampak sulit dan bahkan sedikit menakutkan pada awalnya, tetapi jangan khawatir. Setelah kamu mendapatkan sedikit latihan, itu akan menjadi sederhana dan tidak menyakitkan. Untuk memasang softlens, pegang kelopak mata agar lebih mudah untuk meletakkannya di mata. 

Dikutip dari Wikihow.com, untuk melepaskan softlens dari mata, gunakan proses serupa. Pastikan kamu menggunakan softlens dengan benar untuk membantu menjaga kesehatan mata. Pastikan juga bahwa softlens yang kamu gunakan bersih dari debu. 

Cara menempatkan softlens di mata

1. Cuci tangan dengan sabun bebas pewangi dan air hangat. Basahi tangan, lalu oleskan sabun dan gosok setidaknya selama 30 detik. Bilas tangan secara menyeluruh untuk menghilangkan sisa sabun. Keringkan tangan dengan handuk microfiber bersih untuk menghindari serat.

2. Lepaskan tutup di satu sisi softlens dan sisihkan. Buka hanya 1 sisi kotak softlens pada satu waktu untuk membantu kamu menghindari kontak atau merusaknya secara tidak sengaja. Biasakan untuk selalu melakukan sisi yang sama terlebih dahulu. Misalnya, kamu mungkin melakukan mata kanan dan kemudian kiri.

3. Gunakan ujung jari untuk menggeser softlens dari casing. Miringkan casing, lalu tekan perlahan bantalan jari di atas softlens. Setelah lensa berada di ujung jari kamu, tarik perlahan jari kamu keluar dari wadah dan pindahkan lensa ke telapak tangan kamu.

4. Bilas lsoftlens dengan larutan softlens. Posisikan softlens di tengah telapak tangan, lalu semprotkan larutan softlens di atasnya. Lakukan inspeksi visual untuk memastikan softlens bebas dari debu. Kamu tidak perlu menggosok softlens kecuali melihat kotoran di atasnya.

5. Tempatkan softlens yang cekung menghadap ke atas pada jari telunjuk. Letakkan kontak di kulit jari, bukan kuku. Pastikan softlens berada di ujung jari yang berlubang dengan tidak ada dinding samping yang menempel di jari. Seharusnya terlihat seperti mangkuk kecil.

6. Buka mata dengan jari tengah dan tangan yang berlawanan, jika perlu. Berkaca. Kemudian, tarik perlahan kelopak mata ke bawah menggunakan jari tengah tangan yang memegang softlens. Jika mata kamu sangat sensitif terhadap sentuhan, kamu mungkin juga perlu membuka kelopak mata bagian atas. Gunakan tangan yang berlawanan untuk mengangkat dan menahan kelopak mata atas dengan lembut agar tidak berkedip. Ini akan mengekspos lebih banyak mata, dan memungkinkan kamu untuk lebih mudah menempatkan softlens di atasnya.

7. Pindahkan softlens ke arah mata dengan tenang dan mantap. Cobalah untuk tidak berkedip atau bergerak. Mungkin membantu untuk melihat ke atas, sehingga kamu tidak berkedip secara refleks.

8. Tempatkan softlens pada iris dengan lembut. Letakkan softlens di dekat bola mata dan tekan perlahan di tempatnya. Softlens harus dengan mudah masuk ke mata, karena akan tertarik pada kelembapan. Kemudian, lepaskan jari tangan dari mata.

9. Lepaskan kelopak mata dan kedipkan perlahan. Berkedip perlahan beberapa kali, berhati-hatilah agar softlens tidak terlepas. Lihat ke cermin untuk memeriksa apakah softlens sudah terpasang. Perhatikan jika kamu merasakan sakit atau iritasi pada mata.

10. Ulangi proses dengan softlens lainnya. Setelah keduanya berada di mata, lihat sekeliling untuk memastikan kamu dapat melihat dengan baik.

Cara melepaskan softlens

1. Cuci dan keringkan tangan. Basahi tangan dengan air hangat, lalu gosok selama 30 detik dengan sabun. Bilas tangan secara menyeluruh, lalu keringkan di atas handuk microfiber yang bersih.

2. Lumasi mata dengan obat tetes mata yang aman untuk softlens jika kamu memiliki mata kering. Langkah ini opsional, tetapi dapat membantu jika softlens cenderung mengering di mata. Tetes akan membasahi softlens kamu sehingga lebih mudah lepas. 

3. Tarik kelopak mata ke bawah dengan jari kamu. Gunakan jari tengah untuk mengekspos bagian bawah putih mata. Pegang kelopak mata di tempatnya saat kamu melepaskan softlens.

4. Sentuh softlens dengan jari telunjuk dan geser ke bawah. Gunakan bantalan jari untuk menyentuh tepi softlens dengan lembut, yang seharusnya menempel di jari. Kemudian, perlahan tarik softlens ke bawah ke arah bagian bawah mata. Kamu akan merasakan softlens mulai terlipat ketika mencapai tepi kelopak mata bawah.

5. Remas jari telunjuk dan ibu jari kamu di sekitar kontak untuk mengeluarkannya. Tekan perlahan jari di sekitar kontak dan tarik dari mata. Berhati-hatilah saat menangani softlens agar tidak robek.

6. Letakkan softlens di telapak tangan dan bersihkan. Letakkan softlens menghadap ke atas di telapak tangan, lalu semprotkan dengan larutan pembersih softlens. Gosok perlahan setiap sisi lensa kontak untuk membersihkannya. Terakhir, bilas lagi untuk menghilangkan sisa kotoran.

7. Tempatkan softlens dalam wadahnya, lalu isi wadah dengan larutan softlens yang baru. Pasang kembali tutup di atas kontak agar tetap aman.

8. Ulangi proses untuk mengeluarkan softlens lainnya. Tarik perlahan kelopak mata dan lepaskan softlens yang lain. Bersihkan dengan larutan softlens, lalu letakkan di sisi kanan wadah softlens. Isi wadah dengan air, lalu kencangkan tutupnya.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading