Sukses

Beauty

Sunscreen Pilling Bisa Dihindari dengan 6 Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Mungkin kamu juga pernah mengalaminya, saat menggunakan sunscreen, kulit menjadi kasar, membentuk gumpalan, lalu mengharuskan kamu mengulangi rutinitas pengaplikasian produk skincare dan makeup dari awal. Kamu mungkin juga bertanya-tanya kenapa suatu produk sunscreen bisa pilling?

Menurut para ahli, ada dua penyebab utama produk sunscreen pilling, yaitu produk yang kamu gunakan dan cara kamu mengaplikasikannya. Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa cara menghindari produk sunscreen pilling.

1. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Setiap rutinitas perawatan kulit yang baik dimulai dengan kulit yang bersih. Eksfoliasi menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran, memastikan penyerapan maksimal produk perawatan kulit, sehingga meminimalkan risiko sunscreen pilling.

Eksfoliasi terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menyebabkan kulit menjadi terlalu kering atau berminyak, yang juga berkontribusi terhadap pilling suatu produk yang kamu gunakan. Lakukan eksfoliasi satu sampai dua kali per minggu dan pilih exfoliant kimia daripada exfoliant fisik.

2. Evaluasi produk yang kamu gunakan

Menggunakan terlalu banyak produk tidak hanya bisa menyebabkan produk tertentu bekerja melawan satu sama lain, tapi juga bisa merusak kulit. Ini bisa membuang mikrobioma kulit, menyebabkan iritasi, kekeringan, dan produk minyak berlebih, yang memiliki hubungan langsung dengan pilling. Mengaplikasikan terlalu banyak produk pada satu waktu, terutama krim kental dan produk berbasis minyak juga bisa menghalangi penyerapan dan menyebabkan sunscreen menjadi pilling.

 

 

3. Mengaplikasikan produk dalam urutan yang tepat

Urutan di mana kamu melapisi produk perawatan kulit memainkan peran besar dalam bagaimana mereka bereaksi satu sama lain. Produk yang lebih ringan dan tipis seperti serum mengandung bahan aktif dengan struktur molekul yang lebih kecil, sedangkan produk yang lebih tebal seperti krim menggunakan molekul yang lebih besar.

Saat diaplikasikan secara tidak benar, molekul yang lebih besar mencegah molekul yang lebih kecil dari menyerap ke dalam kulit dengan benar, sehingga membuat produk sia-sia dan membentuk lapisan yang bisa menyebabkan pilling. Selalu mulai dengan produk yang paling ringan atau tipis terlebih dahulu, lalu secara bertahap beralih ke produk yang lebih tebal atau berat, dan sunscreen sebagai langkah terakhir.

4. Biarkan produk menyerap sebelum melapisinya

Waktu yang dibutuhkan suatu produk untuk menyerap tergantung pada konsistensi produk dan jenis kulit. Tunggulah minimal 30-60 detik setelah mengaplikasikan produk, sebelum melanjutkan pengaplikasian ke langkah berikutnya. Jika kamu masih merasakan basah di jari-jari tangan, produk tersebut belum sepenuhnya terserap.

5. Perhatikan bahannya

Ada beberapa bahan yang diketahui dapat bereaksi dengan produk lain menyebabkan pilling, termasuk silicone. Silicone seperti dimethicone, amodimethicone, dan cyclomethicone umumnya disertakan dalam sunscreen untuk meningkatkan efektivitas produk dengan menciptakan penghalang pada lapisan atas kulit untuk melindungi dari tekanan lingkungan seperti angin dan air.

Namun, ini juga berarti mereka bisa menggumpal dan pilling. Ada juga xanthan gun dan mineral yang bisa menyebabkan produk sunscreen pilling.

6. Mencoba produk baru

Pada akhirnya, tidak semua bahan dibuat untuk semua orang dan jika keberadaan bahan tertentu tidak cocok dengan produk lain dalam rutinitas perawatan kulitmu, mungkin lebih baik untuk menghilangkan yang menyebabkan masalah dan temukan sunscreen lain.

What's On Fimela
Loading