Sukses

Beauty

Cara Tepat Menggunakan Retinol tanpa Membuat Kulit Iritasi

Fimela.com, Jakarta Sebelum mengaplikasikannya, adakah yang pernah memberitahumu cara tepat menggunakan retinol? Untuk kamu yang pemula dalam menggunakan retinol, tim FIMELA merangkum beberapa langkah tepat memasukkan retinol ke dalam rejimen perawatan kulit, tanpa membuatnya iritasi.

1. Mulailah dengan formula yang sangat lembut

Memulai dengan formula yang lebih lembut akan tetap memberikan hasil yang sama seperti kadar yang lebih tinggi, seiring waktu. Kamu tidak memerlukan kadar retinol dengan resep untuk memberikan efek memproduksi kolagen dan pergantian sel, karena resep dosis tinggi yang intens lebih mungkin mengiritasi kulit.

 

 

2. Gunakan sedikit pada kulit yang benar-benar kering

Dilansir dari stylecaster.com, setelah membersihkan kulit wajah di malam hari, tunggu beberapa menit untuk memastikan kulit benar-benar kering, karena kulit lembap bisa mengganggu penyerapan retinol, yang justru bisa berakhir dengan iritasi kulit. Gunakan retinol cukup seukuran kacang polong, letakkan di telapak tangan, baru gunakan jari-jari untuk meratakannya ke seluruh wajah.

Tunggu sekitar 20 menit, baru gunakan serum dan pelembap, dan pastikan kamu tidak menggunakan produk apapun yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Jika kamu memiliki kulit sensitif, gunakan pelembap terlebih dahulu, tunggu 20 menit baru aplikasikan retinol.

3. Lakukan rutinitas ini seminggu sekali

Gunakan retinol hanya seminggu sekali selama satu minggu, dua kali seminggu selama dua minggu, lalu tiga kali seminggu selama tiga minggu. Jika kulitmu tidak bereaksi negatif, tingkatkan penggunaannya setiap malam.

Jika kulitmu terlalu sensitif menggunakan retinol, ada pilihan vitamin C yang akan membantu merangsang produksi kolagen, sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kerutan dan bintik hitam. Selamat mencoba, Sahabat FIMELA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading