Sukses

Beauty

How To: Cara Memilih dan Mengaplikasikan Kondisioner Tanpa Bilas Sesuai Jenis Rambut

Fimela.com, Jakarta Kondisioner tanpa bilas merupakan tipe kondisioner yang seperti namanya saat diaplikasikan ke rambut tidak butuh dibilas setelahnya. Kondisioner ini  merupakan langkah opsional yang dilakukan mencuci rambut dan sebelum rambut ditata. 

Tidak seperti kondisioner rambut biasanya yang butuh dibilas, kondisioner tanpa bilas memberikan kelembaban ekstra pada rambut, melindungi dari kerusakan, dan membuat rambut mudah diatur. Sejumlah formula dalam kondisioner tanpa bilas memang ditargetkan kebutuhan spesifik.

Mengutip dari healthline.com, hampir semua tipe rambut cocok menggunakan kondisioner tanpa bilas, mulai rambut keriting hingga lurus, diwarnai dan warna alami, semuanya bisa memanfaatkan keuntungan kondisioner tanpa bilas. Terutama rambut kering, rusak, atau keriting. Kondisioner ini juga membantu ketika menggunakan alat hair styling yang panas.

Tips Memilih Kondisioner Tanpa Bilas Sesuai dengan Masalah Rambut

Pemilihan kondisioner tanpa bilas benar-benar tergantung pada jenis rambut. Kondisioner tanpa bilas biasanya tersedia dalam berbagai formula, seperti spray, krim, minyak, balm, dan lainnya. Dengan begitu banyak pilihan di pasaran agaknya akan sulit menemukan produk yang sempurna dan cocok dengan rambut.

Anjuran secara umum, pilihlah kondisioner yang bebas alkohol dan pewarna karena menyebabkan kekeringan. Kondisioner tanpa bilas biasanya mengandung bahan seperti silikon dan gliserin yang membantu melindungi dan melapisi rambut tanpa memberikan rasa berat pada rambut. Kondisioner tipe ini juga banyak mengandung berbagai minyak alami, ekstrak botani, dan vitamin.

Langkah awal memilih kondisioner adalah mengetahui jenis rambut, bisa rambut lurus, keriting, halus, tebal, rusak, atau diwarnai. Banyak kondisioner tanpa bilas diformulasikan untuk jenis rambut tertentu, jadi penting untuk membaca label sebelum membeli.

Berikut panduan umum:

  • Jika Anda menggunakan alat penata rambut panas pada rambut Anda, seperti setrika datar atau alat pengeriting rambut, carilah produk yang menawarkan perlindungan panas.
  • Jika Anda mewarnai rambut, carilah kondisioner tanpa bilas yang diformulasikan khusus untuk mempertahankan warna Anda.
  • Untuk rambut halus, pilihlah kondisioner tanpa bilas yang ringan atau yang juga menambah volume pada rambut.
  • Untuk rambut keriting, carilah kondisioner tanpa bilas krim yang mengandung banyak minyak alami.

Cara Menggunakan Kondisioner Tanpa Bilas Dengan Tepat

Kondisioner tanpa bilas bisa menggantikan kondisioner yang biasanya digunakan ketika mandi. Namun, penggunaan keduanya bisa diaplikasikan pada rambut apabila kondisi rambut sangat kering atau rusak. Kondisioner ini digunakan setelah mencuci rambut dan penggunaan terbaik ketika rambut masih lembap.

Berikut langkah-langkah menggunakan kondisioner tanpa bilas dengan tepat sehingga hasilnya maksimal, namun ada baiknya tetap membaca instruksi dari botol kondisioner sehingga lebih aman.

  1. Setelah mencuci rambut di kamar mandi dengan sampo, kemudian bilas hingga bersih
  2. Penggunaan kondisioner yang biasa digunakan, namun pastikan membilas rambut secara menyeluruh setelahnya.
  3. Setelah keluar dari kamar mandi, tepuk-tepuk lembut rambut dengan handuk untuk menyerap air dari rambut
  4. Ketika rambut dalam keadaan setengah kering atau lembap, oleskan kondisioner tanpa bilas ke rambut usahakan tidak mengenai kulit rambut (jumlah sekali penggunaan bisa disesuaikan berdasarkan instruksi botol)
  5. Sikat rambut dengan sisir untuk meratakan dan mengurai rambut
  6. Biarkan rambut mengering atau tata sesuai keinginan.

Penggunaan untuk semua rambut relatif sama, namun penggunaan pada rambut yang lebih tebal akan membutuhkan lebih banyak penggunaan kondisioner dibanding rambut halus. Bagi pemilik rambut kerinting atau tebal, mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas dengan sisir bergigi lebar akan membantu meratakan kondisioner lebih baik.

Rekomendasi Produk Kondisioner Tanpa Bilas

Pantene Perfect On

Kondisioner tanpa bilas dari Pantene ini dikemas dalam botol kecil dengan formula ringan sehingga rambut jadi mudah diatur. Kondisioner mengandung provitamin yang dapat menutrisi rambut dan kulit kepala secara menyeluruh dengan kekuatan setara 20 vitamin, serta memberikan efek anti lepek pada rambut. Hadir dalam kemasan 40 ml sehingga mudah dibawa ke mana saja. Pantene Perfect On dijual dengan harga Rp 15.400.

Makarizo Advisor Anti-Frizz Spray

Produk ini dapat menutrisi dan melindungi rambut dari paparan bahan kimia saat menjalani proses penataan rambut. Kandungan provitamin B5 dan Ekstrak bunga matahari merawat rambut agar tidak mudah patah setelah menjalani proses hairstyling. Kondisioner ini dijual dengan harga Rp 75 ribu.

Kerastase Nectar Thermique

Produk ini ditujukan untuk rambut normal dan kering karena penataan rambut. Selain itu, kondisioner tanpa bilas dari Kerastase juga dapat melembutkan dan membuat rambut lebih berkilau. Kondisioner ini berfungsi menutrisi helaian rambut. Dengan begitu, rambut akan terhindar dari masalah kusam, kering, dan kasar. Kerastase Nectar Thermique dapat dibeli dengan harga Rp 376 Ribu.

Penulis: Tasya Fadila

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading