Sukses

Beauty

6 Penyebab Wajah Berjerawat yang Perlu Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Kulit memiliki lubang kecil yang disebut sebagai pori-pori yang dapat membuat kulit wajah tersumbat oleh adanya minyak,  bakteri, sel kulit mati, dan kotoran. Ketika terjadi mungkin akan mengembangkan dan menyebabkan jerawat.

Tentu setiap orang pernah mengalami wajah berjerawat, jerawat sendiri merupakan sebuah kondisi kulit yang sangat umum terjadi. Meskipun jerawat tidak menimblkan risiko yang serius bagi kesehatan, tetapi masalah satu ini terkadang akan menyakitkan dan dapat bertambah parah.

Selain itu jerawat yang tubuh juga dapat disebabkan oleh tekanan emosional, jerawat dan bekas jerawat terkadang dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Berikut beberapa penyebab wajah berjerawat pada seseorang:

1. Perubahan Hormonal

Androgen merupakan salah satu hormon yang dapat meningkat dan sering terjadi pada perempuan maupun laki-laki yang sudah memasuki masa pubertas. Selain itu kelenjar sebaceous akan membesar dan menyebabkan lebih banyak sebum, perubahan hormon ini dapat menyebabkan jerawat pada seseorang.

2. Obat-Obatan

Beberapa obat-obatan yang dikonsumsi oleh seseorang tentu memiliki efek samping yang berbeda, terutama jika kamu mengkonsumsi beberapa obat yang mengandung kortikosteroid, testosterone atau lithium.

3. Diet

Mengkonsumsi beberapa makanan tertentu termasuk makanan kaya karbohidrat, seperti roti dan keripik ternyata dapat memperburuk jerawat.

4. Stres

Terlalu banyak tekanan maupun stress tidak melulu menyebabkan jerawat, akan tetapi jika sudah memiliki jerawat ternyata stress dan banyak tekanan dapat memperburuknya.

5. Kebersihan

Jerawat ternyata tidak disebabkan oleh kulit yang kotor saja, faktanya menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan dengan sabun maupun bahan kimia yang keras dapat membuat kulit wajah teriritasi dan memperburuk wajah.

6. Kosmetik

Meskipun kosmetik sering dikatakan sebagai salah satu penyebab jerawat tetapi, tidak semua kosmetik dapat memperburuk jerawat. Terutama jika kamu menggunakan riasan bebas minyak yang tidak dapat menyumbat pori-pori dan selalu menghapus riasan secara teratur.

Wajah yang berjerawat tentu membuat banyak orang tidak percaya diri, meskipun begitu jerawat dapat diatasi dengan beberapa cara. Ada baiknya, jika kamu menghindari beberapa hal yang justru dapat memperburuk jerawat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading