Sukses

Beauty

Geliat Nyata Pertumbuhan Brand Kecantikan Lokal Buatan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin juga menyadari bahwa sekarang mulai banyak bermunculan berbagai brand lokal, baik kecantikan, maupun fashion yang tentu tak kalah saing dengan brand internasional. Ini kabar baik seiring aksi pemerintah bersama pelaku usaha dan masyarakat mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI.

Gerakan ini mengkampanyekan semangat cinta, beli, dan pakai produk dalam negeri. Antusiasme masyarakat terhadap brand lokal juga terus meningkat.

Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center di pengujung tahun 2020, menunjukkan bawha 82,3% responden memilih menggunakan produk kecantikan dari brand lokal karena termotivasi oleh kebanggaan terhadap produk dalam negeri. Sedangkan 60,7% sisanya karena harga yang terjangkau.

 

 

Geliat Nyata Brand Kecantikan Lokal Buatan Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kecantikan lokal tumbuh dengan sangat pesat. Berbagai produk brand lokal mampu menunjukkan perkembangan yang menjanjikan lewat kualitas, harga bersaing, dan strategi marketing, serta branding yang baik.

Sedangkan berdasarkan riset Nielsen, di triwulan pertama tahun 2022 ini, dibandingkan kategori lain di kelompok fast moving consumer good (FMCG), produk kecantikan termasuk yang berkontribusi besar pada pertumbuhan sales di e-commerce, bahkan pertumbuhannya di atas 10% di e-pos market. Industri kecantikan menjadi salah satu industri yang memang sangat dinamis, terutama dengan kehadiran e-commerce yang membantu jalur distribusi ke konsumen menjadi lebih mudah.

Jasa toll manufacturing memungkinkan siapa saja memiliki brand sendiri. PT Cedefindo, anak usaha dari PT Martina Berto Tbk, dikenal sebagai salah satu pusat produksi yang memproduksi kurang lebih 80% peredaran indie brand di market Indonesia.

Geliat Nyata Brand Kecantikan Lokal Buatan Indonesia

Tapi tak hanya indie brand saja, beberapa perusahaan nasional dan multinasional juga mempercayakan produksi produk-produk mereka kepada PT Cedefindo. PT Cedefindo yang telah berpengalaman sejak 1981, memiliki spesialisasi dalam memproduksi dan mengemas produk makeup, decorative, personal care, parfum, aerosol, dan produk herbal.

PT Cedefindo tercatat sebagai Top 3 Contract Manufacturing di Indonesia, yang saat ini sudah memiliki sertifikasi ISO 9001:2008, ISO14001:2004, OHSAS 18001:2007, ISO GMP 22716, Sistem Jaminan Halal (SJH) Grade A, dan telah menerapkan Ethical Trading Initiative (ETI) base code, serta menjaga pelaksanaannya lewat audit SMETA. Ekspor porduksinya sendiri telah merambah ke 11 negara di Asia Pasifik dan Amerika Latin.

Dengan pertumbuhan bisnis dan performa yang membaik, PT Cedefindo berharap bisa berkontribusi lebih untuk mendukung tumbuhnya brand lokal. Bagaimana menurutmu, Sahabat FIMELA?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading