Sukses

Beauty

How To: Langkah Tepat Memakai Masker Wajah untuk Hasil Glowing Optimal

Fimela.com, Jakarta Masker wajah menjadi salah satu bagian dari skincare routine yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Tidak hanya memberikan perawatan pada kulit, menggunakan masker wajah sering membuat kita merasa dimanjakan, bahkan memberikan estitka menarik ketika selfie sembari maskeran.

Pada dasarnya masker wajah memberikan banyak sekali manfaat pada kesehatan kulit, namun tidak jarang hasil yang diperoleh kurang maksimal. Apakah alasannya? Melansir dari Helathline.com, dermatolog mengatakan penggunaan masker wajah dengan tepat dapat memperbaiki kulit.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui kalau hasil penggunaan masker tidak muncul atau kurang maksimal disebabkan penggunaan masker wajah yang kurang tepat. Karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan masker wajah. Berikut langkah-langkah memakai masker yang tepat sehingga wajah sehat dan glowing maksimal.

Gunakan masker wajah yang sesuai tipe kulit

Sama halnya dengan memilih toner, serum, atau produk skincare lainnya, dalam memilih masker wajah perlu mempertimbangkan tipe kulit wajah dan komposisinya. Karena tidak semua masker dibuat sama dan menemukan masker yang sesuai jenis kulit akan membantu memunculkan hasil perawatan lebih maksimal.

  • Pemilik kulit kering: Penggunaan sheet mask sangat direkomendasikan untuk jenis kulit kering. Dikutip dari Healthline.com, beberapa ahli menyarankan penggunaannya sepanjang malam untuk hasil hidrasi maksimal
  • Kulit berminyak: Pemilik kulit berminyak sebaiknya menggunakan clay mask atau mud-based.
  • Kulit berjerawat dan kulit sensitif: Gel mask sangat disarankan untuk para pemilik kulit berjerawat atau sensitif
  • Kulit hyperpigmented: Dikutip dari Medicalnewstoday.com, tipe kulit hyperpigmented merupakan bercak kulit yang menjadi lebih gelap dari area kulit di sekitarnya karena produksi melanin berlebih. Penggunaan krim antioksidan atau gel mask sangat disarankan.

Persiapan sebelum menggunakan masker

Sebelum menggunakan masker, membersihkan kulit wajah hingga bersih menjadi langkah penting. Bersihkan wajah dari makeup hingga debu yang terpapar ke kulit setelah beraktivitas seharian. Gunakan produk pembersih wajah yang dirancang sesuai dengan jenis kulit.

Jika dirasa perlu, gunakan scrub untuk membersihkan kulit. Pembersihan kulit wajah dapat membantu mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dan bahan aktif yang terkandung dalam masker menyerap baik dan maksimal efektivitasnya.

Aplikasikan masker ke wajah

Penggunaan masker wajah yang tepat, di sesuaikan dengan jenis masker yang digunakan. Untuk jenis masker jenis cream, clay, dan gel, aplikasikan ke wajah menggunakan tools yang tepat. Salah satunya menggunakan brush lembut. Kemudian ratakan ke semua bagian kulit wajah. Hindari mengolesnya ke area mata, alis, dan bibir.

Untuk sheet mask, pasangkan masker ke wajah yang telah bersih dan rapikan hingga menutupi sempurna kulit wajah. Pijit ringan mask sheet sehingga masker melekat sempurna ke wajah. Dermatolog Paul Jarrod Frank, dalam laman byrdie.com, menyarankan penggunaan sheet mask sesuai dengan yang diinstruksikan di kemasan masker. Biasanya selama 20 menit.

Membersihkan atau membuka masker wajah

Masker berbahan air seperti clay, gel, dan cream, dibersihkan menggunakan air hangat kuku. Jangan lupa memijit ringan kulit wajah ketika proses ini dan hindari menggosok wajah dengan kasar. Setelah proses membersihkan selesai tepuk-tepuk ringan kulit wajah hingga kering.

Untuk jenis masker lembaran atau sheet mask, tidak butuh dibilas. Cukup buka pelan-pelan lembaran masker dari wajah. Setelah proses ini selesai, lanjutkan dengan pemberian pelembab, eye cream, atau skincare routine yang biasa Sahabat FIMELA lakukan. Karena menggunakan masker wajah bukan berarti menggantikan penggunaan skincare lainnya. Hal ini akan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik. 

Penggunaan masker wajah dianjurkan digunakan sekali seminggu dan usahakan dilakukan dengan rutin sehingga hasil yang diperoleh maksimal. Nah, sekarang Sahabat Fimela sudah tahu pemilihan masker yang sesuai jenis kulit dan pengaplikasian masker wajah dengan tepat. Semoga bermanfaat.

 

*Penulis: Tasya Fadila.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading