Sukses

Beauty

How To: 4 Tips Mudah Membersihkan Spons Bedak

Fimela.com, Jakarta Spons bedak atau spons makeup merupakan salah satu benda dasar utama yang paling sering digunakan saat proses merias wajah. Teksturnya yang lembut dan empuk sangat mempermudah untuk memadukan bedak ke wajah. Karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan spons dibanding produk blending makeup lainnya.

Pemakaian spons bedak secara konstan setiap hari membuat benda ini menjadi sangat kotor dan dapat menumbuhkan bakteri jika tidak dibersihkan secara teratur. Maka dari itu, banyak sekali metode untuk membersihkan spons beda yang bertebaran di luar sana. Namun, banyak diantaranya yang malah menimbulkan kesalahpahaman, contohnya membersihkan spons bedak dengan meletakkannya ke dalam microwave. Hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebakaran dan merusak spons bedak itu sendiri.

Agar tidak lagi terjadi kesalahpahaman tentang cara membersihkan spons bedak, simak 4 tips yang mudah dan cepat untuk membersihkan spons bedak berikut yang dikutip dari teenvogue.com.

1. Bersihkan Spons dengan Air dan Sabun

Salah satu cara mudah untuk membersihkan spons bedak adalah hanya dengan menggunakan air dan sabun. Founder of BeautyBlender, Rea Ann Silva, mengatakan bahwa metode ini merupakan metode paling cepat yang dapat menghemat waktu karenya sejatinya, spons harus selalu dibersihkan setelah selesai pemakaian. 

Tidak ada jenis sabun yang wajib dipakai untuk membersihkan spons bedak, namun hanya perlu diingat bahwa spons haruslah dalam keadaan lembab sebelum dicuci. Jika menggunakan sabun batang untuk mencuci spons, gosoklah sabun ke seluruh permukaan spons secara lembut dan perlahan. Namun jika menggunakan sabun cair, berikan beberapa tetes sabun lalu gosokkan sampai spons berbusa. 

Proses membersihkan spons dengan sabun dilakukan sampai tidak ada lagi noda makeup yang tersisa di permukaan spons. Jika dirasa sudah bersih, bilas sabun atau busa dengan air mengalir lalu peras spons dengan lembut. Langkah terakhir adalah keringkan spons dan spons bedak siap untuk digunakan lagi.

2. Gunakan Silikon Pembersih Spons

Bagi yang belum tau, silikon pembersih spons ini merupakan alat pembersih spons yang terbuat dari bahan silikon yang memiliki banyak tonjolan atau bulu silikon dipermukannya. Bulu-bulu silikon ini berfungsi melonggarkan spons sehingga dapat membersihkan makeup yang tertinggal pada spons, dan menarik bakteri yang ada pada spons. 

Cara membersihkan spons bedak dengan menggunakan alat ini sangatlah mudah. Mulailah dengan membasahi spons bedak secara menyeluruh. Tuangkan sedikit sabun dan gosok atau tepuk spons dengan menggunakan silikon secara lembut. Lakukan proses ini secara berulang pada tiap sisi permukaan spons. Setelah selesai, bilas spons dengan air bersih dan peras sampai tidak ada lagi noda makeup yang tersisa.

3. Rendam Spons di dalam Air

Metode membersihkan spons bedak yang satu ini memiliki proses yang hampir sama dengan metode pertama yang menggunakan air dan sabun dalam prosesnya. Namun metode ini sangat cocok untuk spons yang memiliki noda makeup membandel. Mengutip dari teensvogue.com, Silva mengatakan, "Jika noda yang terdapat pada spons makeup susah untuk dihilangkan, cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menaruhnya di dalam mangkuk yang berisi air, dan diamkan selama beberapa jam."

Langkah untuk membersihkan spons dengan cara ini sangat mudah, yakni mulai dengan membasahkan spons bedak dan gosok secara perlahan menggunakan beberapa tetes sabun. Setelah itu, letakkan spons di dalam mangkuk yang berisi air. Pastikan air yang ada di mangkok cukup untuk menutupi seluruh bagian spons. Lalu, diamkan selama dua atau tiga jam. Langkah terakhir adalah bilas spons dengan air mengalir dan keringkan.

4. Gunakan Cleansing Oil

Seperti yang diketahui secara umum bahwa air tidak dapat sepenuhnya membersihkan minyak yang dihasilkan dari makeup yang terdapat pada spons, maka dari itu menggunakan cleansing oil merupakan cara lain yang bisa dipertimbangkan untuk membersihkan spons. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengaplikasikan cleansing oil pada spons yang kering. Setelah itu, bersihkan lagi dengan menggunakan air dan sabun untuk hasil yang bersih maksimal. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading