Sukses

Beauty

Konsumsi 7 Makanan ini untuk Kulit Sehat, Glowing, dan Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Beberapa makanan dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan pada tubuh manusia. Kandungan yang terdapat di dalamnya diperkaya dengan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Untuk kulit sehat yang diindikasikan dengan kulit yang lembap, tidak kusam, glowing, dan juga kencang biasanya kita rawat dengan penggunaan skincare dan juga bodycare sesuai kebutuhan. Untuk mendukung hal tersebut, konsumsi makanan yang tepat juga bisa memperoleh hasil yang cepat dan baik. 

Dikutip dari Radiance oleh WebMD, berikut adalah 7 makanan yang baik untuk kesehatan kulit. 

Flaxseed

Flaxseed adalah sejenis biji-bijian yang biasa dikenal dengan biji rami. Flaxseed mengandung alpha-linolenic acid yaitu sejenis omega-3 yang berguna mengurangi efek jahat dari radiasi sinar UV, asap, dan juga polusi. Minyak yang diperoleh dari flaxseed atau disebut dengan flaxseed oil dapat mengurangi kerutan pada kulit, mengatasi masalah kulit kering, dan juga melembutkan kulit.

Kiwi

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kiwi mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang jeruk. Vitamin C di dalamnya sangat berguna untuk kulit karena terdapat antioksidan yang menangkal radikal bebas pada sel-sel kulit. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, membantu produksi kolagen, dan membuatnya lembap terhidrasi. Makan kiwi yang sudah benar-benar matang dimana antioksidan yang terkandung paling tinggi.

Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin C dan E yang mengandung banyak antioksidan. Ditambah lagi terdapat lutein dan zeaxanthin yang pada penelitian akhir-akhir ini membuktikan dapat mencerahkan skin tone. Selain itu alpukat juga kaya akan asam lemak tak jenuh atau monounsaturated fat yang berguna membantu tubuh menyerap vitamin A, D, E, dan K. 

Bayam, Kale, dan Collard

Sayuran dengan warna hijau tua memiliki banyak sekali nutrisi. Contohnya seperti bayam, kale, dan collard dimana memiliki daun berwarna hijau tua dan memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit. Mengkonsumsi sayuran berdaun hijau tua terbukti dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Kacang-Kacangan

Almond, kacang tanah, dan hazelnut adalah contoh kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin E sangat tinggi. Hal tersebut sangat berguna untuk merawat kulit tetap kencang dan menunda tanda penuaan. Cara kerja vitamin E ini adalah dengan menjaga kolagen pada kulit dan memproduksi antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Salmon dan Tuna

Coenzyme Q10 atau CoQ10 adalah zat semacam vitamin yang dapat ditemukan di dalam tubuh. CoQ10  berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Bahkan sebuah penelitian kecil mengungkapkan jika CoQ10 dapat membantu menghilangkan kerutan pada kulit. Namun di usia 30-an ke atas tingkat CoQ10 pada tubuh mulai menurun. Meskipun begitu zat CoQ10 dapat diperoleh dari ikan perairan dingin seperti tuna dan salmon yang kaya akan CoQ10.

Wortel

Wortel memang sudah lama dikenal dengan kandungan beta-karoten yang sangat tinggi. Beta-karoten melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Selain kaya beta-karoten, di dalam wortel juga terdapat magnesium yang dapat merelaksasi saraf dan otot. Dimana hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur yang pada akhirnya berdampak baik pada kulit. 

Demikian 7 makanan yang bagus untuk menutrisi kulit. Sahabat Fimela lebih suka mengkonsumsi yang mana?

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading