Sukses

Beauty

5 Langkah untuk Rambut Tumbuh Lebih Cepat dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Rambut panjang dan berkilau tampak lebih sehat dan banyak diidam-idamkan oleh banyak wanita. Rambut sebagai mahkota wanita akan sangat menunjang penampilan jika terlihat cantik dan rapi. Oleh karena itu kesehatan rambut juga perlu diperhatikan selain merawat wajah dan kulit badan.

Mungkin Sahabat Fimela bosan dengan tampilan rambut pendek dan ingin tampil baru dengan rambut panjang. Namun hal tersebut butuh waktu lama karena rambut hanya tumbuh sepanjang 0,5 cm sampai 1,7 cm setiap bulannya. 

Eits! Tenang saja. Dilansir dari Byrdie, berikut adalah 5 cara untuk membuat rambut tumbuh dan panjang lebih cepat.

Rutin Pijat Kepala

Cara sederhana untuk merangsang pertumbuhan rambut adalah dengan memijat kulit kepala itu sendiri. Karena bagaimanapun juga dasar yang menentukan baik tidaknya pertumbuhan rambut dimulai dari kulit kepala yang sehat. Memijat kulit kepala secara rutin akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, meningkatkan kekuatan akar rambut, dan membantu nutrisi masuk ke folikel lebih cepat. Pijat kulit kepala dengan tangan kosong, alat, atau bisa dengan menambahkan minyak alami yang kaya nutrisi untuk memperbanyak keuntungan yang bisa didapat kulit kepala. Cukup lakukan sekali dalam seminggu jika kamu punya kulit kepala dengan tipe berminyak.

Membuat Masker Kuning Telur

Meski kita tidak bisa membuat rambut menjadi panjang secara drastis, setidaknya rambut yang sehat dapat memicu pertumbuhan rambut. Masker yang terbuat dari kuning telur dapat menjadi salah satu opsi kamu untuk mewujudkan rambut sehat. Telur mengandung lesitin dan protein, yang memperkuat, memelihara, dan menyehatkan tiap helai rambut kamu. Ditambah lagi kandungan sulfur yang tinggi dapat membantu mengatasi ketombe.

Cukup campurkan kuning telur dengan air dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Lalu aplikasikan langsung ke rambut yang kering biarkan selama 30 menit. Kemudian  keramas dan kondisikan seperti biasa.

 

Oleskan Castor Oil

Castor oil adalah salah satu minyak alami dengan segudang manfaat untuk rambut. Banyak kandungan baik yang terdapat pada castor oil seperti antijamur dan antibakteri yang bisa membantu mengatasi infeksi kulit kepala yang memperlambat pertumbuhan. Kemudian kandungan asam lemak omega-6, vitamin E, protein, dan nutrisi lain yang dapat memberikan kelembapan dari rambut dan menghilangkan masalah rambut kering. Oleskan castor oil ke kepala dan pijat perlahan. Ratakan mulai dari kulit kepala hingga ke ujung rambut sebelum ditutup dengan handuk atau cap mandi. Setelah itu bilas dengan air bersih atau keramas untuk menghilangkan sisa minyak.

Mendapatkan Lemak Baik untuk Rambut

Menurut Pritchard, seorang ahli gizi, mengungkapkan bahwa dengan mendapatkan banyak lemak sehat seperti omega-3 dapat mempercepat pertumbuhan rambut. "Lemak sehat sangat penting untuk kesehatan rambut karena tubuh kita tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3 sendiri. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan lemak ini melalui makanan kita," ujarnya. Sumber makanan yang kaya akan omega-3 contohnya adalah salmon, tuna, biji rami, kenari, dan minyak nabati seperti kedelai dan canola oil.

Memotong Ujung Rambut yang Bercabang

Ujung rambut yang rusak dan bercabang dapat naik ke batang rambut dan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Jadi memotong ujung rambut bercabang adalah salah satu cara untuk memperbaiki pertumbuhan rambut. Potong ujung rambut yang bercabang saja dan tidak terlalu panjang karena tujuan utamanya adalah memanjangkan rambut dengan kualitas rambut yang sehat. Kamu bisa memotong ujung rambut yang rusak setiap enam minggu sampai enam bulan sekali.

Dari sekian banyak cara untuk memanjangkan rambut, kelima langkah di atas bisa Sahabat Fimela terapkan dan rasakan sensasi rambut tumbuh lebih cepat. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading