Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Diperhatikan Bagi Pemilik Wajah Berminyak

Fimela.com, Jakarta Minyak adalah benda alami yang dihasilkan tubuh melalui kulit untuk melembapkannya dan mengurangi resiko kulit kering. Namun sering kita jumpai pada beberapa orang bahwa mereka memiliki produksi minyak secara berlebihan dan malah membuat wajah tidak nyaman dan tampak mengkilap. 

Tipe wajah berminyak ini harus pandai merawat kulit wajah agar bisa mengontrol produksi minyak yang dihasilkan. Beberapa cara adalah dengan menggunakan produk perawatan tertentu dan melakukan beberapa cara untuk mengurangi jumlah minyak di wajah. 

Bagi Sahabat Fimela pemilik tipe wajah berminyak kini tidak lagi bingung bagaimana cara mengontrol produksi minyak. Dikutip dari WebMD, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk wajah berminyak.

Mencuci Wajah Secara Rutin

Mencuci wajah adalah salah satu cara untuk menghilang sisa minyak berlebih pada wajah. Waktu untuk mencuci muka cukup pada pagi hari, malam hari, dan setelah berolahraga. Jangan terlalu sering mencuci muka karena akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Saat mencuci wajah juga diharuskan menggosoknya dengan lembut dan pelan. Gunakan juga produk pencuci muka yang berbahan lembut, non-komedogenik, non-iritasi, dan non-alergi. Itu juga harus dibilas dengan mudah.

Memerhatikan Kandungan pada Produk Perawatan

Saat akan membeli sebuah produk perawatan wajah, kamu juga harus memperhatikan dengan baik kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan berikut tidak dianjurkan untuk kulit berminyak. Di antaranya adalah cocoa butter, minyak kelapa, petroleum jelly, silicone, dan produk berbasis alkohol. Sebagai gantinya, gunakan produk yang mengandung bahan teh hijau, niacinamide, L-carnitine dan, Licochalcone A yang teruji klinis mampu mengurangi dan mengontrol produksi minyak serta mencegah timbulnya jerawat.

Melakukan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi beberapa kali seminggu untuk membersihkan wajah hingga ke pori-pori terdalam. Sebum yang terperangkap di pori-pori dapat menyebabkan jerawat dan minyak berlebih sehingga lebih baik untuk dibersihkan tuntas dengan eksfoliasi.

Memakai Kertas Penyerap Minyak

Ketika wajah terasa sangat berminyak dan ingin membersihkannya, kamu tidak perlu bolak-balik mencuci wajah dengan sabun yang malah akan menimbulkan beberapa masalah lain. Cukup aplikasikan kertas penyerap minyak pada kulit dan wajah akan bebas minyak seketika. Pakai dengan lembut dan tidak menggosoknya keras di wajah.

Membersihkan Makeup Sebelum Tidur

Selain mencari kosmetik yang bersifat non-komedogenik, pastikan juga untuk menghapus semua riasan tersebut sebelum tidur agar pori-pori tidak tersumbat partikel makeup. Pakai kombinasi dari micellar water dan sabun cuci muka untuk hasil yang lebih bersih. 

Perhatikan beberapa hal di atas agar produksi minyak di wajah terkontrol dengan baik dan tidak akan mengganggu penampilan Sahabat Fimela.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading