Sukses

Beauty

How To: Cara Mudah Menggunakan Masker Mata

Fimela.com, Jakarta Mata bengkak adalah masalah umum yang dihadapi saat tubuh kelelahan dan kurang tidur. Namun jangan khawatir ada berbagai macam perawatan, beberapa masker mata dirancang secara khusus untuk mengatasi masalah ini. Diformulasikan dengan bahan-bahan yang telah terbukti, masker mata adalah cara yang murah dan nyaman untuk menangkis kelopak mata yang bengkak.

Menggunakan masker di bawah mata di pagi hari sambil bergegas bersiap-siap, berharap masker itu akan mengurangi bengkak akibat tidur larut, tidak dapat dipungkiri bahwa masker dan eye patches adalah tambahan yang sangat bagus untuk memberikan perhatian khusus pada area wajah yang mudah kita lupakan.

Dilansir dari glowsly.com, Kamis (15/9/2022), masker mata adalah produk mata yang memiliki efek melembapkan, menghilangkan atau mencerahkan mata dengan cepat. Masker mata tidak harus digunakan setiap hari seperti krim mata atau serum, namun apabila rutin diaplikasikan seminggu sekali masker mata memiliki efek jangka pendek yang dapat membantu penampilan wajah.

Jenis-Jenis Masker Mata

Overnight Eye Masks

Masker mata dirancang khusus untuk mengurangi mata bengkak, serta mengangkat noda dari pernukaan kulit. Masker ini juga dapat menutrisi area kantung mata dan mengurangi lingkaran hitam. Ada dua kategori utama masker mata yang dapat ditemukan antara lain overnight eye masks yang tersedia dalam bentuk krim atau gel dan eye patches yang dapat dipakai sekitar 15-30 menit.

Cream Eye Masks

Masker mata dengan jenis leave-on banyak dalam bentuk krim, terkadang sulit untuk membedakan dari krim mata biasa. Meskipun demikian, jenis masker mata ini biasanya mengandung minyak nabati yang melembapkan kulit dan kaya antioksidan seperti shea butter atau minyak jojoba, serta humektan seperti gliserin atau hyaluronic acid, dan anti-peradangan seperti kafein atau arnica.

Gel Eye Masks

Gel eye masks merupakan produk leave-on, memiliki sedikit perbedaan dari gel mata atau serum mata. Bahan-bahannya sering termasuk film-formers yang membuat lapisan di atas area bawah mata untuk membantu penyerapan.

Selain itu, masker mata ini biasanya kaya akan humektan yang menghidrasi dan mungkin juga mengandung bahan bermanfaat lainnya untuk area mata seperti zat anti-inflamasi dan penghilang kotoran atau bahan aktif pencerah. Masker ini memiliki tekstur ringan yang lebih baik bagi mereka yang rentan terhadap milia.

Eye Patches

Eye patches adalah masker lembar untuk area mata. Eye patches biasanya datang dalam dua set, dengan satu untuk setiap mata, dan berbentuk seperti titik air mata atau bulan sabit. Eye patches digunakan untuk area bawah mata.

Ketika digunakan di bawah mata, patch bertindak sebagai oklusif, memastikan bahwa jumlah maksimum esensi atau serum menembus kulit. Setelah penutup mata dihilangkan, esensi yang tersisa di kulit dapat dipijat, jadi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan masker mata gel.

Cara Menggunakan Masker Mata

Menggunakan masker mata cukup mudah, karena produk ini cukup serbaguna. Kamu dapat memilih untuk menggunakan masker di bawah mata seminggu 1-2 kali. Jika mencari hasil jangka panjang dari bahan aktif seperti retinol atau vitamin C, kamu dapat menggunakannya hanya beberapa kali seminggu sebagai pelengkap rutinitas perawatan kulit mata. Aplikasikan setiap kali Kamu merasa mata terlihat lelah dan perlu perbaikan cepat.

Overnight eye masks paling mudah digunakan di malam hari karena teksturnya, sedangkan eye patches dapat digunakan kapan saja sepanjang hari. Jika masker wajah sudah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan, dan bisa menggunakan masker mata secara bersamaan.

Apapun jenis masker mata yang kamu gunakan, Kamu harus selalu memulai dengan kulit yang bersih. Hapus semua sisa riasan mata, tabir surya, dan kotoran yang melekat. Kamu dapat menggunakan cleanser dengan kapas, atau pembersih wajah untuk membersihkan wajah secara menyeluruh terlebih dahulu. Setelah wajah bersih baru masker dapat diaplikasikan dan biarkan hingga menyerap dengan maksimal.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading