Sukses

Beauty

Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Memperlambat Tanda Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Tanda-tanda penuaan dapat berupa keriput, garis-garis halus, serta noda hitam pada wajah. Tentunya memiliki tanda tersebut akan mengganggu penampilan Sahabat Fimela. Terlebih lagi jika umur kita masih muda atau bisa dibilang mengalami penuaan dini

Beruntungnya, tanda-tanda penuaan tersebut dapat diperlambat dengan beberapa hal. Seperti olahraga, pola tidur, dan pola makan yang teratur dan sehat. 

Dikutip dari healthline, berikut ini adalah 7 contoh makanan yang yang mampu memperlambat tanda-tanda penuaan. 

Selada Air

Di dalam selada air terdapat kandungan kalsium, potassium, mangaan, fosfor, dan vitamin A, C, K, B-1, dan B-2 yang sehat untuk tubuh. Dia bertindak sebagai antiseptik kulit bagian dalam dan dapat meningkatkan sirkulasi mineral ke semua sel tubuh. Vitamin A dan C yang kaya dalam selada air termasuk ke dalam antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas berbahaya, membantu menjaga garis-garis halus dan kerutan.

Pepaya

Buah berdaging oranye ini kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Kandungan lainnya termasuk vitamin A, C, K, dan E, kalsiu, kalium, magnesium, fosfor, vitamin B. Selain itu, pepaya mengandung enzim papain yang dapat memberikan manfaat sebagai anti-penuaan tambahan. Pepaya juga bisa membantu melepaskan sel-sel kulit mati, dimana hal ini membuat kulit kamu menjadi cerah dan bercahaya.

Bluberi

Jenis beri-berian yang satu ini sudah tidak diragukan lagi kandungan antioksidannya. Bluberi kaya akan vitamin A dan C serta jenis antioksidan lain yang disebut anthocyanin. Kandungan-kandungan ini dipercaya memberi perlindungan ke kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan juga polusi.

Brokoli

Sayuran hijau ini selain kaya serat juga tinggi akan vitamin C dan K, folate, lutein, dan kalsium yang bekerja sebagai antiinflamasi dan anti penuaan. Vitamin C di dalamnya membantu pembentukan kolagen yang membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Bayam

Bayam dapat menghidrasi kulit dengan kandungan antioksidan di dalamnya seperti vitamin A, C, E, dan K, magnesium, dan lutein. Vitamin C nya yang tinggi meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi kencang dan halus sedangkan vitamin K bermanfaat untuk menjadikan rambut yang kuat dan berkilau.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak tak jenuh yang bisa memperhalus kulit. Beberapa nutrisi di dalamnya seperti vitamin K, C, E, A, dan B, serta potassium dipercaya mampu menangkal efek negatif yang menyebabkan penuaan. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam alpukat dapat membantu kita melepaskan sel-sel kulit mati dan kandungan karotenoidnya juga dapat membantu menghalau racun dan kerusakan akibat sinar matahari yang bisa menyebabkan kanker kulit.

Delima

Delima mengandung vitamin C yang tinggi dan berbagai macam antioksidan yang kuat. Yang mana artinya buah delima mampu melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan di sistem dalam tubuh. Buah sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. 

Semua makanan sehat pasti memiliki manfaat tersendiri untuk tubuh. Sahabat Fimela bisa rutin mengkonsumsinya untuk mendapatkan hasil yang baik. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

What's On Fimela
Loading