Sukses

Beauty

How To: Bikin Glowing, Ini 3 Cara Membuat Masker Wajah dari Lemon

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin memiliki wajah cerah dan bersih dari noda, termasuk bekas jerawat. Seringkali kita membeli berbagai produk perawatan wajah, akan tetapi tidak ada hasil dari penggunaannya. Saat ini ada banyak kandungan bahan alami yang mampu atasi berbagai permasalahan kulit wanita, salah satunya lemon yang dapat dijadikan masker karena memiliki banyak kandungan alami yang bagus untuk kulit wanita.

Dilansir dari bellatory.com lemon merupakan salah satu bahan alami yang mampu mengobati masalah kulit para wanita, baik kulit kusam, berjerawat, pori-pori yang membesar, hingga kerutan yang menjadi tanda penuaan. Hadirnya lemon dalam dunia kecantikan bermanfaat sebagai antibakteri dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memperbaiki sel, dan mempercepat pembentukan kulit baru, sehingga membuat kulit tampak glowing dan lebih cerah dari sebelumnya.

Kandungan Lemon

Sebagai bahan alami lemon memiliki banyak kandungan yang baik untuk perawatan kecantikan. Adapun kandungan nutrisi yang terkandung dalam lemon, seperti:

  • Vitamin C

Lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, hadirnya kandungan ini mampu meningkat produksi kolagen serta membuat wajah lebih cerah dan elastis.

  • Asam sitrat

Asam sitrat merupakan kandungan yang dapat mengobati permasalahan wajah para wanita seperti jerawat, komedo, mengecilkan dan mengencangkan pori-pori, mengurangi bekas jerawat dan noda hitam. Tak hanya itu, kandungan ini mampu meratakan warna kulit dan mencerahkan, serta memperlambat munculnya garis halus di wajah.

  • Kalium

Hadirnya kandunganini mampu menghidrasi dan melembabkan kulit, sehingga sangat cocok digunakan untuk wanita dengan jenis kulit kering.

  • Lutein

Kandungan ini berrfungsi untuk memperkuat sistem antioksidan yang ada di dalam kulit. Tak hanya itu, kandungan ini mampu meningkatkan pertahanan UV, menghidrasi, dan membuat kulit lebih kencang dan elastis.

Berikut 3 cara membuat masker dari lemon yang harus sahabat Fimela coba.

 

 

1. Masker lemon dan madu untuk mengangkat sisa kotoran pada wajah

Salah satu kombinasi bahan alami yang dapat dicoba untuk membuat kulit terasa segar bersih, dan lembap adalah lemon dan madu. Adapun bahan yang diperlukan seperti:

  • 1/2 buah lemon 
  • 1 sendok teh madu
  • 1 Mangkuk kecil
  • 1 Sendok untuk mengaduk

Cara pembuatan:

1. Buka pori-pori wajah

Sebelum menggunakan masker sahabat Fimela harus melakukan facial steaming atau membuka pori-pori wajah terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menuangkan air panas yang mendidih ke dalam mangkuk, kemudian letakkan wajah 15-20 cm di atas mangkuk dan biarkan uap membuka pori-pori sahabat Fimela. Hal ini dilakukan agar masker dapat bekerja secara optimal dengan kandungan yang dimiliki

2. Campur bahan jadi satu

Campurkan seluruh bahan yang telah disiapkan menjadi satu, yaitu setengah buah lemon yang diperas ke dalam mangkuk dan satu sendok makan madu. Setelah dicampur oleskan ke seluruh wajah menggunakan kuas masker, hindari area mata.

3. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-30 menit

Setelah masker dioleskan ke wajah diamkan selama 15-30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apabila kulit sahabat Fimela terasa perih segera bilaslah dengan air yang mengalir

4. Angkat dengan air hangat dan keringkan kulit dengan handuk

Setelah didiamkan selama 15-30 menit, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian, bilas lagi menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori. Setelah itu, tepuklah wajah secara perlahan agar kandungan masker dapat menyerap dengan cepat

2. Masker lemon, madu, dan tomat untuk mencerahkan kulit

Lemon, madu, dan tomat merupakan bahan alami yang mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat di wajah, tak hanya itu ketiga bahan ini mampu mencerahkan kulit dan mengatasi perubahan warna kulit. Adapun manfaat dari madu dan tomat sebagai pendamping lemon seperti:

  • Madu: menjaga kelembapan sel-sel kulit karena mengandung sifat antiseptik dan antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, madu dapat mencerahkan kulit, menenangkan jerawat meradang, mengurangi noda hitam, serta meratakan perubahan warna yang ada di kulit wajah.
  • Tomat: kaya akan antioksidan sehingga dapat memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab penuan dini. Tak hanya itu, tomat mampu mencerahkan wajah dari noda dan meratakan perubahan warna kulit, sehingga kulti tampak muda dan bercahaya. 

Bahan yang diperlukan:

  • 1/2 sendok teh jus lemon
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok teh tomat yang telah dihancurkan 

Cara pembuatan:

  1. Facial steaming untuk membuka pori-pori wajah 
  2. Campurkan seluruh bahan ke dalam mangkuk kecil
  3. Oleskan ke wajah menggunakan kuas masker
  4. Diamkan selama 10 menit
  5. Bilas menggunakan air hangat, kemudian diganti menjadi air dingin untuk menutup pori-pori

3. Masker lemon, teh hijau, dan kunyit bantu samarkan noda hitam

Setiap wanita pasti tidak ingin wajahnya terlihat kusam dan muncul garis halus. Oleh karena itu, Fimela membagikan resep masker dengan menggunakan bahan alami lemon, teh hijau, dan kunyit. Adapun manfaat dari teh hijau dan kunyit untuk kulit sebagai:

  • Teh hijau: kaya akan antiosidan yang mampu mencegah hadirnya garis-garis halus di wajah. Teh hijau mampu menutrisi kulit dengan vitamin dan mineralnya sehingga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat, serta melindungi  kulit dari kerusakan akibat sinar UV.
  • unyit: memiliki sifat obat, penyembuhan, dan anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dari berbagai permasalahan kulit wajah seperti, jerawat dan eksim. Tak hanya itu, kunyit mampu mencerahkan noda hitam bekas jerawat dan perubahan warna pada wajah. 

Bahan yang diperlukan:

  • 1/2 sendok teh perasan air lemon
  • 2 sendok makan teh hijau
  • Sejumput kunyit bubuk

Cara pembuatan:

  1. Bersihkan wajah menggunakan air bersih yang mengalir
  2. Keringkan wajah menggunakan handuk atau tisu
  3. Campurkan seluruh bahan ke dalam mangkuk kecil, kemudian aduklah secara merata
  4. Oleskan masker menggunakan kuas masker, kemudian diamkan selama 3 menit
  5. Setelah itu, lapisi kembali wajah menggunakan sisa masker.
  6. Ulangi proses ini hingga masker habis
  7. Diamkan selama 10 menit
  8. Bilas masker menggunakan air dinginKeringkan wajah menggunakan handuk atau tisu kering yang bersih

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading