Sukses

Beauty

Ampuh untuk Mengatasi Masalah Kulit, Ini 5 Cara Menggunakan Masker Lidah Buaya

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya sudah diketahui secara umum merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kulit wajah. Banyak penelitian yang menunjukkan jika komposisi kandungan yang terdapat di dalam ludah buaya seperti vitamin dan asam lemak dapat digunakan untuk mengatasi ragam masalah kulit. Itulah sebabnya mengapa lidah buaya sering dijadikan bahan alami masker oleh banyak orang.

Menggunakan masker lidah buaya memiliki banyak manfaat di antaranya adalah menstimulasi kolagen yang ada di dalam kulit, mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit, mampu melawan bakteri jerawat, dan menghidrasi kulit. Terkenal dapat menyembuhkan jerawat dan bekasnya secara alami, banyak orang yang menjadi tertarik untuk membuat masker lidah buaya sendiri. Oleh karena itu, merangkum dari berbagai sumber, berikut cara memakai masker lidah buaya.

 

1. Memakai Masker Lidah Buaya Langsung

Kandungan antiiritasi, antibakteri, dan antioksidan yang dimiliki tanaman lidah buaya, membuatnya digunakan sebagai obat untuk luka dan luka bakar selama berabad-abad. Melansir dari purewow.com, untuk menghindari alergi terhadap lidah buaya, sebelum memakainya sebagai masker, pastikan untuk menghindari bagian hijau dan gel berwarna kuning dari tanaman tersebut. Hal itu dikarenakan bagian hijau pada lidah buaya mengandung getah berwarna kuning yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Mengutip dari healthline.com, berikut merupakan cara mudah memakai masker lidah buaya secara langsung:

1. Potong tanaman lidah buaya dari pot atau bisa membelinya di toko.

2. Kupas 1 batang lidah buaya dan gunakan sendok untuk menyekop gel pada bagian tengahnya

3. Oleskan gel lidah buaya secara menyeluruh ke muka (atau bisa juga digunakan sebagai spot treatment) dan diamkan selama semalaman.

4. Cuci muka di pagi hari dengan menggunakan air bersih.

 

 

2. Masker Lidah Buaya, Madu, dan Kunyit untuk Kulit Kusam

Melansir dari bebeautiful.in, kunyit memiliki kandungan antioksidan yang dapat bekerja untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sementara itu, kandungan antiinflamasi yang dimiliki madu dan lidah buaya dapat berfungsi untuk menenangkan serta mencegah timbulnya jerawat pada kulit. Gabungan dari kandungan ketiga bahan tersebut dapat dijadikan masker yang memiliki manfaat kombo untuk permasalahan kulit.

Berikut cara memakai masker lidah buaya, madu, dan kunyit:

1. Gunakan 1 sendok makan gel lidah buaya dan masukkan ke dalam mangkuk masker.

2. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan 1 sendok teh madu.

3. Aduk adonan masker hingga merata lalu oleskan pada wajah.

4. Aplikasikan selama 10-15 menit, jangan terlalu lama membiarkan masker di wajah karena bubuk kunyit yang digunakan akan menyebabkan kulit menjadi kekuningan.

5. Bilas dengan air bersih.

 

3. Masker Lidah Buaya dan Vitamin E

Menggabungkan lidah buaya dengan vitamin E dapat memberikan manfaat double pada kulit karena keduanya memiliki kandungan yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Masker yang terbuat dari lidah buaya dan vitamin E kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan noda pada wajah, dan memberikan sensasi kelembutan serta kulit wajah yang berkilau.

 

Mengutip dari bebeautiful.in, berikut cara memakai masker lidah buaya dan vitamin E:

1. Siapkan satu kapsul vitamin E dan gel lidah buaya.

2. Campurkan isi dari kapsul vitamin E dengan gel lidah buaya, lalu aplikasikan ke wajah.

3. Setelah masker kering, bilas dengan air dingin. Masker ini dapat digunakan sekali selama satu minggu untuk mendapatkan hasil kulit lembut yang maksimal.

4. Masker Lidah Buaya dan Lemon

Masker lidah buaya dan lemon dapat menjadikan kulit wajah terlihat lebih segar dan juga membersihkan pori-pori dari bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Berikut merupakan cara membuat dan mengaplikasikan masker lidah buaya dan lemon yang dikutip dari healthline.com:

1. Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya murni dan 1/4 sendok teh perasan lemon. (Selalu gunakan perbandingan 8:1 agar kandungan asam dalam lemon tidak terlalu keras bagi kulit).

2. Campurkan kedua bahan tadi lalu oleskan secara menyeluruh ke kulit wajah.

3. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Masker Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Tea tree oil sudah dikenal sebagai bahan alami yang berfungsi untuk melawan bakteri jerawat pada kulit. Kandungan antibakteri di dalamnya bekerja dengan membersihkan pori-pori serta mencegah kotoran dan minyak menumpuk. Masker lidah buaya dan tea tree oil dapat menjadi pilihan untuk mengatasi breakout pada kulit. Berikut cara memakainya seperti yang dikutip dari bebeautiful.in:

1. Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya.

2. Campurkan 5-7 tetes tea tree oil ke dalam gel lidah buaya, lalu aduk merata hingga halus dan memiliki tekstur seperti pasta.

3. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit.

4. Bilas dengan air hingga bersih.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit yang kering, menghaluskan permukaan kulit kering yang kasar dan mencegah pengelupasan kulit. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi membantu mengatasi jerawat.

Lidah buaya dapat dijadikan masker untuk mencerahkan kulit  dan menenangkan kulit. Sahabat Fimela bisa menggunakan lidah buaya untuk mengatasi iritasi kulit karena sengatan matahari. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan bercahaya.

Kandungan antioksidan, antiinflamasi dan antiseptik di dalam lidah buaya, bisa membantu mempercepat penyembuhan luka akibat goresan benda tajam atau luka bakar. Karena kandungan di dalam lidah buaya tersebut, bisa membantu memperbaiki jaringan lapisan kulit yang rusak. Luka lebih mudah tertutup dan tidak menimbulkan bekas luka di kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading