Sukses

Beauty

2 Cara Memakai Aloe Vera Gel untuk Dapatkan Rambut Halus dan Berkilau

Fimela.com, Jakarta Rambut yang tebal, indah, dan berkilau tentu menjadi idaman bagi banyak perempuan. Maka dari itu, diperlukan perawatan yang ekstra dan rutin. Kamu bisa melakukan perawatan rambut di rumah dengan memanfaatkan aloe vera gel atau lidah buaya, tanpa harus pergi ke salon.

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang serbaguna yang memiliki manfaat di dunia kecantikan maupun kesehatan yang telah digunakan selama berabad-abad karena khasiatnya. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam amino esensial, asam lemak, mineral dan zinc yang membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, menenangkan kulit kepala yang terkelupas, dan melembabkan rambut yang kering.

Dilansir dari hairburrell.com dan healthline.com, tidak hanya untuk wajah, aloe vera gel dapat kamu manfaatkan sebagai perawatan untuk rambut. Dengan mengaplikasikan aloe vera gel, rambut kamu akan terasa semakin halus, lembut, serta berkilau.

Manfaat aloe vera gel untuk rambut

1. Tingkatkan pertumbuhan rambut

Mengaplikasikan aloe vera gel di kulit kepala meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Hal ini akan mengurangi kerontokan rambut dan membantu meregenerasi pertumbuhan rambut baru yang membuatnya tumbuh lebih tebal dan lebih lama.

2. Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Aloe vera gel mengandung vitamin esensial yang membantu memperkuat helai rambut yang lemah, menjaga rambut terlihat kaya dan berkilau, dan juga menciptakan lingkungan yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Gel juga membentuk lapisan pelindung untuk rambut.

3. Membersihkan rambut berminyak

Banyak produk rambut meninggalkan sisa minyak berlebih pada rambut. Kebanyakan orang juga memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif menghasilkan minyak berlebih di rambut mereka. Lidah buaya berperan sebagai solusi untuk membersihkan rambut berminyak dan berminyak tanpa merusak rambut.

4. Menenangkan kulit kepala yang gatal

Asam lemak pada tanaman lidah buaya telah dikonfirmasi oleh penelitian tahun 1998 untuk mengobati peradangan pada kulit kepala yang umumnya disebabkan oleh dermatitis seboroik, umumnya dikenal sebagai ketombe serta kulit kepala yang gatal.

Cara memakai aloe vera gel

Metode 1: Aloe vera gel

1. Oleskan aloe vera gel langsung ke kulit kepala. Taruh 2 hingga 3 sendok makan (30 hingga 44 mL) aloe vera gel di ujung jari. Pijatkan gel ke seluruh kulit kepala

2. Biarkan aloe vera gel di kulit kepala selama 10 hingga 20 menit. Tidak perlu menutupi rambut dengan handuk atau shower cap, cukup atur pengatur waktu. Namun, jika kamu akan berbaring, kamu bisa membungkus kepala dengan handuk agar aloe vera gel tetap berada di kulit kepala

3. Cuci aloe vera gel dengan shampo lalu kondisioner seperti biasa. Untuk manfaat kelembapan ekstra dan pertumbuhan rambut, gunakan kondisioner lidah buaya. Hindari menggunakan alat panas tinggi jika kamu mencoba untuk mendorong pertumbuhan rambut baru, karena dapat merusak folikel rambut.

4. Ulangi proses ini 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik. Jadikan bagian dari rutinitas di malam hari sebelum tidur. Kombinasikan perawatan kulit kepala dengan masker rambut seminggu sekali untuk rambut yang berkilau dan halus.

Metode 2: Masker aloe vera gel dan minyak kelapa

1. Masukkan 1 hingga 2 sendok makan (15 hingga 30 mL) aloe vera gel ke dalam mangkuk

2. Campurkan aloe vera gel dengan 1 sendok makan (15 mL) minyak kelapa murni.

3. Gunakan sendok untuk mengaduk bahan-bahan tersebut sampai menjadi pasta. Jika rambut kamu membutuhkan sedikit kelembapan tambahan, kamu juga bisa menambahkan 1 sendok makan (15 ml) madu.

4. Gunakan ujung jari untuk mengoleskan campuran tersebut ke rambut mulai dari kulit kepala hingga ke ujung. Biarkan campuran tersebut menempel di rambut setidaknya selama satu jam.

5. Bungkus rambut dengan handuk hangat dan lembap atau shower cap. Handuk yang hangat dan lembap dapat membantu memberikan sedikit kekuatan pelembab ekstra pada rambut dan akan membuat masker tetap lembab.

6. Cuci rambut seperti biasa untuk membilas semua masker. Kamu akan melihat bahwa rambut terasa lebih halus dari sebelumnya

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading