Sukses

Beauty

7 Cara Menghilangkan Rambut Bercabang untuk Selamanya

Fimela.com, Jakarta Bagaimana cara mengatasi rambut bercabang agar tak kembali lagi? Perjuangan sebenarnya adalah menjaga rambut tetap kuat dan mencegah helaian rambut pecah.

Ujung rambut yang bercabang seringkali disebabkan oleh keausan, kekeringan, warna rambut, dan penggunaan alat-alat styling. Ujung rambut juga merupakan bagian tertua dari batang rambut, jadi sebenarnya tidak aneh jika ujung ini melemah seiring waktu.

Dilansir dari glamourmagazine.co.uk, berikut ini adalah beberapa cara meminimalisir kerusakan rambut, yang seringkali menyebabkan rambut bercabang. Penasaran apa saja?

1. Keringkan sebagian rambut tanpa alat apapun

Pengeringan kasar yang melibatkan penggunaan panas bisa mengeringkan untaian rambut dan menyebabkan rambut bercabang. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya 50 sampai dengan 80%, baru gunakan alat pengering untuk membentuk dan menghaluskan kutikula.

2. Gunakan sikat anti kusut atau sisir bergigi lebar

Mulailah menyisir rambut dari bagian bawah, lalu naik ke atas dan tidak ada salahnya membelah rambut menjadi beberapa bagian. Rambut paling fleksibel dan rentan saat basah, sehingga kamu tidak perlu menambahkan tekanan dan menyikatnya dengan kuat.

 

3. Turunkan suhu alat styling

Alat styling apapun dengan suhu di atas 180 derajat akan menghilangkan keratin pada rambut. Rambut sehat mengandung keratin, akan hilang saat dipanaskan dengan suhu lebih dari 200 derajat.

4. Jangan membelah rambut bercabang

Ini hanya akan memperburuk kondisi rambut. Membelah dan mematahkan ujung rambut yang bercabang hanya akan semakin mengganggu kutikula rambut, yang akhirnya menyebabkan ujung rambut lain ikut bercabang. Titik di mana rambut berhenti membelah adalah di mana rambut yang lemah berakhir dan rambut yang kuat dimulai, jadi ini akan memberi indikasi berapa banyak yang harus dipotong.

5. Lakukan trim rambut

Trim adalah melakukan potong rambut secara teratur, bukan potong rambut yang akan mengubah keseluruhan penampilan rambutmu, namun hanya memotong bagian ujung rambut saja. Penata rambut biasanya memiliki cara tersendiri untuk bisa memotong ujung rambut bercabangg, tanpa mengubah panjang rambut.

6. Gunakan handuk microfibre

Handuk ini adalah cara yang sangat baik untuk menghindari kasarnya bahan yang sebenarnya agresif untuk kutikula rambut. Microfibre tidak hanya menyerap kelembapan dengan cepat, tapi juga lebih lembut, yang akan membantu mencegah ujung bercabang dalam jangka panjang.

7. Berinvestasi dalam perawatan keratin

Keratin adalah sejenis protein di rambut yang menghaluskan kutikula yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut, membuat helai rambut tidak terlalu kusut, lembut saat disentuh, dan lebih mudah ditata. Sederhananya, ini menggantikan molekul keratin di mana keratin hilang untuk mengemas batang rambut.

Setelah terkunci dengan panas, ini akan bertahan selama beberapa bulan. Namun, perawatan ini hanya solusi sementara dan perawatan rutin di salon sangat penting untuk dilakukan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading