Sukses

Beauty

Jenis Lipstik yang Cocok untuk Pemilik Bibir Kering

Fimela.com, Jakarta Mengaplikasikan lipstik bisa membantu meningkatkan kecantikan alami kita. Warna lipstik yang indah juga dapat mengubah penampilan dan menyempurnakan penampilan kamu. Namun, sering kali bibir kita kering, sehingga sulit untuk memoles lipstik

Masalah bibir kering sangat umum terjadi, terutama pada waktu-waktu tertentu. Hal ini tidak hanya mengganggu tetapi juga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Bibir kering ditandai dengan adanya retakan, kemerahan, kekeringan, peningkatan sensitivitas dan pengelupasan kulit.

Dilansir dari realsimple.com dan femina.in, bibir kering membutuhkan perhatian lebih untuk mendapatkan hasil lipstik terbaik. Kunci dalam mengaplikasikan pada bibir kering adalah persiapan yang tepat agar tidak terlalu kering, perawatan bibir, dan pemilihan formula yang melembapkan akan cocok untuk bibir kering.

3 Cara Sebelum Mengaplikasikan Lipstik pada Bibir Kering

Memakai lipstik bisa dilakukan dengan bibir kering, tetapi butuh sedikit kerja ekstra. Kuncinya adalah menghabiskan lebih banyak waktu persiapan untuk menghidrasi dan eksfoliasi bibir, diikuti dengan menerapkan lebih banyak pelembab yang mencegah bibir menjadi kering sepanjang hari.

1.Gunakan masker bibir

Menggunakan masker bibir selama semalaman memungkinkan lebih banyak bahan emolien meresap ke dalam bibir. Karena kulit memperbaiki dirinya sendiri dalam semalam, memasoknya dengan formula bergizi sebelum tidur. Selain itu, menggunakan masker bibir dapat mengunci kelembapan.

2. Eksfoliasi bibir di pagi hari

Cara terbaik untuk menghilangkan tekstur kasar dan menghilangkan godaan untuk menjilat bibir setiap menit. Tidak seperti kebanyakan lip balm, yang hanya berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan bibir, scrub bibir dapat mengelupas kulit mati dan menghaluskan tekstur yang tidak rata.

Perlu diingat untuk tidak terlalu sering melakukan eksfoliasi karena akan menyebabkan bibir kering dan iritasi. Scrub berbasis gula dapat menawarkan pengelupasan kulit yang lebih lembut tanpa risiko iritasi yang dapat disebabkan oleh pengelupasan keras lainnya

3. Oleskan lipbalm sebelum memakai lipstik

Aplikasikan lipbalm sebagai primer agar lipstik tidak langsung mengenai kulit bibir yang kering. Diamkan selama 10-20 menit setelah kamu memoles lipbalm. Mengaplikasikan lipstik tepat setelah lipbalm hanya akan membuat lipstik tidak merata dan lipbalm butuh waktu untuk menyerap sempurna ke bibir.

Jenis Lipstik untuk Bibir Kering

Jika bibir kering dan pecah-pecah, berhati-hatilah dengan komposisi lipstik yang kamu gunakan agar tidak memperburuk bibir kering. Berhenti menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan berikut: kamper, eucaliptus, flavoring (Rasa kayu manis, peppermint bisa sangat mengiritasi bibir kering dan pecah-pecah), pewangi, lanolin, menthol, octinoxate atau oxybenzone, phenol atau phenyl, propyl gallate, dan salicylic acid.

Beralihlah ke lipstik yang bisa melembabkan bibir dan membantu menyembuhkannya. Bahan-bahan yang direkomendasikan oleh dermatolog meliputi: Minyak biji jarak, Ceramide, Dimethicone, Hemp seed oil, Mineral oil, Petrolatum, Shea butter, bahan perlindungan dari sinar matahari (titanium oxide atau zinc oxide), dan White petroleum jelly. Selain itu, akan lebih baik jika menggunakan lipstik bebas pewangi.

Maka dari itu, bagi pemilik bibir kering dia rekomendasikan menggunakan lipstik glossy daripada matte. Karena lipstik matte memiliki kandungan minyak lebih rendah daripada lipstik glossy untuk mempertahankan warna lipstik. Namun, warna penuh dan berani dari matte sering mengeringkan bibir.

Hal ini dikarenakan banyak wanita memilih tekstur matte ketika mereka menginginkan bibir yang kuat dan cerah, terutama dengan warna seperti plum atau merah. Sementara itu, lipstik matte sering kali mengeringkan bibir. Bahkan lipstik matte yang menutrisi dan menghidrasi bisa menjadi masalah jika kamu tidak tahu bagaimana mempersiapkan bibir sebelum mengaplikasikannya.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading