Sukses

Beauty

Jangan Asal Pilih, Ini Tips Memilih Hydrating Toner untuk Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Toner merupakan salah satu produk dalam rangkaian wajib skincare yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menghapus sisa-sisa debu atau sisa sabun sehabis mencuci muka. Toner juga bermanfaat untuk mempersiapkan kulit agar mampu menyerap krim atau lotion yang akan diaplikasikan setelahnya.

Bagi kulit sensitif, memilih toner harus dilakukan dengan teliti. Ada beberapa toner yang memiliki formulasi baik untuk kulit sensitif, namun banyak juga yang justru akan memperparah kondisi kulit. Pilihlah toner yang memiliki sifat humektan, dalam artian mampu menarik dan mempertahankan kelembapan kulit. Hal tersebut dapat membantu memerangi kekeringan dan gatal yang sering dikaitkan dengan kondisi kulit sensitif.

Agar terhindar dari segala macam iritasi, berikut merupakan tips memilih hydrating toner untuk kulit sensitif yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Toner dengan Kandungan Chamomile

Chamomile merupakan tumbuhan yang bersifat antiinflamasi yang mampu untuk menenangkan kulit. Mengandung polyphenols, yang merupakan kandungan antioksidan mampu melindungi sel-sel kulit dari polusi lingkungan dan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet. Mengutip dari insider.com, chamomile akan sangat bermanfaat untuk orang yang memiliki kondisi kulit sensitif seperti eczema, psoriasis, ruam kulit, dan rosacea.

2. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah buaya merupakan tanaman sukulen yang sudah digunakan untuk keperluan medis dan skincare sejak 1500 SM (Sebelum Masehi). Banyak orang menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keajaiban karena kandungan di dalamnya yang antibakteri dan antiinflamasi.

Melansir dari insider.com, lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan iritas pada kulit, mengurangi kemerahan pada kulit, dan meningkatkan produksi sel kulit. Manfaat-manfaat lidah buaya telah terbukti karena tanaman ajaib ini mampu memicu produksi kolagen dan hyaluronic acid yang merupakan senyawa kulit yang berkontribusi pada kekenyalan dan kelembapan kulit.

Lidah buaya yang memiliki sifat humektan juga mampu menarik molekul air dari udara ke kulit, sehingga dapat menjadi kandungan yang cocok untuk orang dengan kulit kering sensitif. Sementara itu, kandungan mucopolysaccharides dalam lidah buaya juga berfungsi untuk meningkatkan kelembapan pada kulit. Kandungan amino di dalamnya juga dapat melembutkan sel kulit yang keras.

 

Kandungan Toner Berdasarkan Tipe Kulit Sensitif

Orang dengan kulit sensitif dianjurkan untuk menghidari penggunaan toner yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Kandungan alkohol tersebut di antaranya adalah ethanol, methanol, dan alkohol isopropyl. Kandungan alkohol harus dihindari dikarenakan kandungan tersebut tergolong keras untuk kulit sensitif. Kandungan yang dapat mengiritasi lainnya yang harus dihindari adalah pewarna, wewangian sintetis karena dapat memperburuk kondisi kulit sensitif.

Berikut kandungan dalam toner yang disarankan untuk kulit sensitif yang dilansir dari dermcollective.com:

Sensitive Oily Skin

Orang yang memiliki kulit berminyak dan sensitif disarankan untuk menggunakan toner dengan kandungan salicylic acid dan witch hazel yang mampu mengurangi ekses kulit tanpa mengiritasi kulit sensitif.

Sensitive Dry Skin

Untuk orang yang memiliki kulit kering sensitif, toner dengan kandungan yang menghidrasi seperti glycerin dan hyaluronic acid dapat menjadi pilihan. Toner dengan kandungan antiinflamasi seperti vitamin C dan green tea juga bermanfaat untuk menenangkan kulit kering sensitif.

Sensitive Acne-Prone Skin

Bagi orang yang memiliki tipe kulit sensitif dan rentan berjerawat, toner dengan kandungan salicylic acid dapat menjadi pilihan yang cocok karena mampu melarutkan kotoran-kotoran yang menyumbat poti-pori yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit. Namun, untuk orang yang memiliki kulit sensitif parah, kandungan salicylic acid dapat membuat kulit menjadi terasa lebih kering. Oleh karena itu, perhatikan reaksi kulit dan kurangi pemakaian jika menemukan efek samping tidak baik pada kulit.

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading