Sukses

Beauty

Tekstur Kulit tidak Merata? Ini Rangkaian Perawatan untuk Kulit Halus dan Lembut

Fimela.com, Jakarta Jerawat, komedo, atau warna kulit belang mungkin adalah masalah kulit yang umum dialami setiap orang. Dengan gaya hidup sehat dan perawatan kulit yang baik akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Namun bagaimana dengan tekstur kulit tidak merata? Permasalahan tekstur kulit yang tidak merata cukup mirip dengan warna kulit tidak merata.

Melansir dari Byrdie, dermatologi mengatakan tekstur kulit tidak merata merupakan hasil dari kelebihan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Hal ini menyebabkan area kulit terasa kasar, bergelombang bahkan kusam. Selain penumpukan sel kulit mati, faktor lain seperti merokok, paparan sinar matahari kronis, dan masalah kulit seperti eksim juga mempengaruhi tekstur kulit tidak merata.

Biasanya masalah kulit ini diselesaikan dengan mudah melalui laser. Namun ada beberapa cara untuk meratakan tekstur kulit dan membuatnya halus. Berikut penjelasannya.

1. Eksfoliasi Secara Rutin

Jika kulit bertekstur disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk, maka eksfoliasi adalah solusinya. Rutinlah eksfoliasi wajah 2 kali dalam seminggu dengan scrub khusus wajah favoritmu. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah eksfoliasi untuk menenangkan kulit.

2. Vitamin C

Selain untuk meratakan warna kulit, vitamin C juga berfungsi untuk meratakan tekstur kulit wajah.  Menggunakan vitamin C akan membantu memperbaiki tekstur kulit dengan kandungan antioksidan kuat. Hal ini berfungsi untuk memperbaiki dan mempertahankan kulit dari kerusakan lingkungan dan mengembalikan kekenyalan sekaligus mengurangi pigmentasi dan bintik-bintik penuaan.

 

3. Jangan Lupa Gunakan SPF

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sinar matahari juga menjadi salah satu faktor penyebab tekstur kulit tidak merata. Maka dari itu pencegahan yang tepat adalah dengan menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30.

4. Atasi Bekas Luka Pada Kulit

Bagian dari mengatasi tekstur kulit tidak rata adalah dengan mengatasi bekas luka atau bekas jerawat di permukaan kulit. Biasanya bekas luka baik yang baru maupun lama akan menonjol, berubah warna, kering, hingga mengelupas yang menyebabkan tekstur kulit terasa buruk. Gunakan produk yang ditujukan untuk bekas luka dan aplikasikan secara rutin.

5. Perawatan Microneedling

Perawatan microneedling adalah perawatan yang melibatkan jarum-jarum kecil untuk ditusukan pada kulit. Perawatan ini dapat dilakukan melalui dokter atau klinik kecantikan. Microneedling adalah solusi praktis untuk mengatasi kulit bertekstur. Perawatan microneedling dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya pori-pori, bekas jerawat, dan garis-garis halus untuk tekstur kulit yang lebih halus secara keseluruhan.

Perawatan kulit terbaik adalah perawatan yang dilakukan secara rutin. Bila ingin mengatasi tekstur kulit tidak merata penjelasan di atas mungkin dapat membantu. Namun, bagaimana pun kondisi kulitmu, kamu tetap cantik apa adanya.

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading