Sukses

Beauty

Benarkah Asam Glikolat Bisa Menggantikan Deodoran? Simak Penjelasannya di Sini

Fimela.com, Jakarta Asam glikolat adalah pilihan utama dalam rutinitas perawatan untuk mendapatkan kulit yang lebih halus dan cerah. Baru-baru ini, tren di media sosial memperlihatkan bahwa asam glikolat juga bisa digunakan di ketiak.

Tapi, apakah ini aman digunakan di ketiak? Asam glikolat adalah asam alfa-hidroksi (AHA), yang merupakan pengelupasan kimia yang berasal dari tebu, tapi juga bisa ditemukan di beberapa tanaman dan buah-buahan.

Asam ini biasanya digunakan untuk membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit, mencerahkan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan mengobati berbagai kondisi, seperti jerawat, melasma, dan hiperpigmentasi. Kabar baiknya, asam glikolat memang memiliki beberapa manfaat utama yang bekerja dengan baik untuk ketiak.

 

1. Bisa meminimalisir hiperpigmentasi

Sifat antioksidannya dirancang untuk mencerahkan area tersebut, mengangkat sel kulit mati, dan memudarkan bintik hitam.

2. Bisa mengurangi bau

Sifat antibakterinya membantu mengurangi bau badan dengan melakukan eksfoliasi pada area tersebut. Asam glikolat juga bissa menurunkan tingkat pH dan menargetkan bakteri penyebab bau.

3. Bisa mengobati jerawat

Asam glikolat memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengobati jerawat dan mencegahnya datang lagi. Exfoliantnya bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menghaluskan keseluruhan tekstur kulit.

 

Bisakah asam glikolat menggantikan deodoran?

Kabar buruknya, asam glikolat tidak akan mengurangi produksi keringat. Produksi keringat terhalang oleh garam aluminium, seperti ditemukan dalam deodoran antiperspiran.

Antiperspiran memiliki fitur penghambat keringat yang mengaturnya, yang tidak dimiliki asam glikolat. Penting diingat juga bahwa ketiak merupakan salah satu area yang paling sensitif di tubuh, mengoleskan asam glikolat bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, kekeringan, dan jerawat.

Jika kamu ingin memerangi keringat, pilih antiperspiran, sedangkan deodoran digunakan untuk mengelola bau badan. Jika ingin mengelola bau badan tanpa deodoran, bisa gunakan benzoil peroksida yang biasanya ditemukan dalam sabun.

What's On Fimela
Loading