Sukses

Beauty

5 Manfaat dari Minyak Alpukat dan Cara Mengaplikasikannya

Fimela.com, Jakarta Minyak alpukat memang tidak sepopuler minyak zaitun atau minyak alami yang lain. Namun begitu banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak yang terbuat dari ekstraksi daging buah alpukat ini. 

Kandungan asam lemak omega-3 nya serta vitamin A, D, dan E yang kaya sangat baik untuk kulit. Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan minyak alpukat dalam list bahan perawatan kulitmu. 

Lebih lanjut dikutip dari MedicalNewsToday, ini dia 5 manfaat minyak alpukat untuk kulit. 

Melembapkan Kulit

Kandungan vitamin E yang berlimpah, kalium, lesitin, serta banyak nutrisi lainnya yang ada pada minyak alpukat dapat menyehatkan dan melembabkan kulit. Lapisan kulit terluar, atau yang biasa dikenal sebagai epidermis dapat dengan mudah mudah menyerap nutrisi ini dan membantu pembentukan sel kulit baru.

Mengatasi Masalah Jerawat

Minyak alpukat dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. Ditambah lagi sifat anti peradangan pada minyak alpukat dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit berjerawat.

Mengobati Kulit Terbakar Akibat Paparan Matahari

Kaya akan antioksidan membuat minyak alpukat berguna untuk menangkal efek paparan sinar matahari salah satunya kulit terbakar. Kandungan vitamin E, beta karoten, vitamin D, protein, lesitin, dan asam lemak esensial dalam minyak dapat membantu menyembuhkan kulit terbakar dan menenangkan kulit.

Baik untuk Kulit Kering

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam minyak alpukat dipercaya membantu menyembuhkan kulit kering dan bersisik bahkan iritasi. Selain itu minyak alpukat juga membantu kondisi kulit kering yang lebih serius seperti eksim dan psoriasis.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Minyak alpukat dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit lebih cepat. Kandungan asam lemak esensial serta asam oleat di dalamnya mendorong produksi kolagen yang bermanfaat membentuk jaringan ikat baru sehingga luka cepat tertutup. Selain itu asam lemak esensial dalam minyak alpukat juga berguna untuk mengurangi peradangan selama proses penyembuhan luka.

Cara Mengaplikasikan Minyak Alpukat

Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat dari minyak alpukat:

  1. Digunakan sebagai masker wajah, aplikasikan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  2. Digunakan sebagai minyak pijat, oleskan minyak alpukat ke bagian tubuh yang ingin dipijat. Kemudian pijat tubuh dengan lembut dan perlahan lalu bersihkan dengan air biasa.
  3. Digunakan untuk memasak, kamu bisa memanfaatkan minyak alpukat untuk memasak apalagi minyak satu ini lebih tahan dengan temperatur panas daripada minyak biasa. Kamu juga bisa mencampurkannya ke makanan seperti salad.

Rupanya banyak sekali manfaat dari minyak alpukat yang bisa Sahabat Fimela dapatkan. Mengetahui manfaatnya, kini jangan ragu lagi untuk menggunakan minyak ini. Sahabat Fimela juga dapat membuat sendiri minyak alpukat jika dirasa sulit menemukannya di luar. 

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading