Sukses

Beauty

5 Asupan Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela? Tahukah kamu bahwa nutrisi sangat penting untuk kesehatan. Pola makan yang tidak sehat dapat merusak metabolisme tubuh, tak hanya itu dapat juga membuat berat badan menjadi naik drastis, serta merusak organ seperti jantung dan hati.

Dikutip dari healthline.com pola makan juga dapat memengaruhi kesehatan dan penuaan kulit secara signifikan. Selain itu, banyak juga ilmuwan yang mempelajari tentang diet dan tubuh menemukan fakta bahwa apa yang dimakan dapat memengaruhi kesehatan dan penuaan kulit.

Melihat itu, tentu Sahabat Fimela tidak ingin memiliki kulit yang keriput dan tidak sehat. Kita memang tidak bisa menghentikan penuaan, namun Sahabat Fimela dapat menyamarkan penuaan agar terlihat lebih muda. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan memerhatikan asupan makanan, untuk mendapatkan kulit yang sehat dapat dimulai dari dalam. Oleh karena itu, Fimela telah merangkum 5 asupan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti:

 

 

Alpukat

Buah berwarna hijau ini mengandung lemak sehat yang tinggi. Lemak tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh Sahabat Fimela, salah satunya menjaga kesehatan kulit. Selain itu, mengonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap lentur dan lembap.

Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap 700 wanita menemukan bahwa asupan lemak total yang tinggi, khususnya jenis lemak sehat yang terkandung dalam buah alpukat berhasil membuat kulit menjadi sehat dan kenyal.

Hal ini dapat terjadi karena alpukat mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, yaitu kerusakan akibat sinar UV yang menjadi penyebab munculnya keriput dan tanda penuaan lainnya.

Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung beta karoten atau nutrisi yang tinggi. Beta karoten yang terdapat pada ubi jalar berfungsi sebagai provitamin A yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Selain itu, karotenoid seperti beta karoten membantu menjaga kesehatan kulit Sahabat dengan bertindak sebagai tabir surya alami. Ketika dikonsumsi, antioksidan ini akan amsuk ke dalam kulit untuk membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari, sehingga kulit Sahabat Fimela dapat terhindar dari masalah kulit seperti kering dan keriput.

 

 

Brokoli

Brokoli telah lama dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit. Adapun, vitamin yang terkandung dalam brokoli seperti seng, vitamin A, dan vitamin C.

Tak hanya itu, brokoli juga mengandung lutein dan karotenoid yang dapat bekerja seperti beta karoten. Lutein dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput.

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. buah ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti semua karotenoid utama, hingga likopen.

Beta karoten, lutein, dan likopen yang ada dalam tomat telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Tak hanya itu, tomat juga dapat menyamarkan kulit kering dan keriput karena kaya akan karatenoid sehingga buah ini sangat baik untuk kesehatan kulit.

Untuk mengonsumsinya, sahabat Fimela dapat menjadikan tomat sebagai camilan dengan dimakan langsung, sebagai salad, atau dicampurkan dengan makanan lain.

Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dapat melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan. Hal ini terjadi karena senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau, senyawa tersebut disebut katekin yang berfungsi meningkatkan kesehatan kulit.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu dengan melibatkan 60 wanita, ditemukan fakta bahwa minum teh hijau setiap hari dapat mengurangi kemerahan akibat paparan sinar matahari hingga 25 persen.  Selain itu, teh hijau juga memiliki khasiat yang dapat meningkatkan kelembapan, ketebalan, dan elastisitas kulit.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

What's On Fimela
Loading