Sukses

Beauty

3 Tips Perawatan untuk Kulit Sensitif dan Bruntusan

Fimela.com, Jakarta Kulit sensitif merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang. Sebutan kulit sensitif bukan merupakan diagnosa medis, melainkan merujuk pada kondisi kulit yang lebih rentan terhadap inflamasi. Orang dengan kulit sensitif umumnya memiliki reaksi lokal terhadap bahan kimia, pewarna, dan pewangi yang terdapat dalam suatu produk yang bersentuhan dengan kulit mereka. Reaksi ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah kulit lain seperti kemerahan, gatal, hingga bruntusan.

Memiliki kedua masalah kulit sensitif dan bruntusan secara bersamaan dapat menjadi suatu tantangan. Pasalnya, jika salah memilih produk atau metode perawatan makan dapat membuat kondisi kulit semakin memburuk. Kondisi ini juga tidak boleh dibiarkan, karena selain dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, hal ini juga dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. 

Oleh karena itu, berikut merupakan beberapa tips perawatan untuk mengatasi kulit sensitif dan bruntusan yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rutin Eksfoliasi

Bruntusan pada kulit merupakan hasil dari tumpukan sel kulit mati yang disebabkan karena kurangnya eksfoliasi. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, eksfoliasi mungkin menjadi suatu hal yang cukup menakutkan karena jika tidak tepat akan mengakibatkan kulit menjadi iritasi. Namun, sebenarnya eksfoliasi juga dibutuhkan bagi kulit sensitif karena jika tidak dilakukan maka akan berujung pada penumpukan sel kulit mati dan menimbulkan bruntusan.

Melansir dari kiehls.com, eksfoliasi dapat membantu menyingkirkan bruntusan pada kulit. Agar tidak menimbulkan iritasi, dapat memilih produk eksfoliasi yang bebas dari kandungan fragrance dan bahan keras lainnya yang tidak cocok di kulit sensitif. Dengan menggunakan produk yang dibuat dari formula gentle, akan membuat kulit terasa lebih halus setelah eksfoliasi.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, menggunakan oatmeal dapat menjadi alternatif produk eksfoliasi bagi kulit sensitif untuk mereka yang ingin melakukannya dengan bahan alami. Caranya yaitu dengan membuat pasta oatmeal lalu aplikasikan ke wajah seperti masker. Diamkan beberapa menit lalu bilas sambil digosokkan secara lembut ke kulit seperti menggunakan scrub

2. Gunakan Moisturizer

Penelitian menunjukkan bahwa kerusakan kelembapan barrier kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi rentan terhadap dehidrasi yang berujung pada kondisi kulit kasar, terkelupas, dan bahkan bruntusan. Oleh karena itu, menjaga kelembapan kulit menjadi salah satu tips perawatan paling efektif untuk kulit sensitif dan bruntusan.

Melansir dari medicalnewstooday.com, menggunakan produk moisturizer ataupun lotions dengan kandungan hipoalergenik dapat membantu mengurangi kondisi kering pada kulit tanpa menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif. Beberapa kandungan yang mungkin akan ampuh bagi kulit sensitif adalah urea atau lactic acid. Formula ringan lainnya seperti hyaluronic acid juga dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit dan membuatnya terlihat lembut dan kenyal.

Selain mengaplikasikan moisturizer secara rutin, mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu merawat kulit sensitif yang juga memiliki masalah bruntusan.

 

 

3. Menggunakan Sunscreen

Mengutip dari verywellhealth.com, mengaplikasikan sunscreen kapanpun di saat akan berkegiatan di luar rumah bahkan ketika musim dingin pun merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini dikarenakan sunscreen memberikan perlindungan yang tinggi terhadap kulit, terutama kulit sensitif. 

Perawatan Lainnya

- Hindari mandi menggunakan air panas, dan kurangi durasi mandi menjadi kurang dari 10 menit.

- Gunakan produk bebas pewangi dan hipoalergenik seperti dalam penggunaan sabun, skincare, dan detergen.

- Lakukan patch test pada produk baru di area kulit di tubuh sebelum mengaplikasikannya pada area kulit yang lebih sensitif.

- Hindari menggosok bagian kulit sensitif ketika hendak mengeringkannya.

- Jika kondisi kulit sensitif dan bruntusan sudah terlalu parah, kunjungi dokter untuk melakukan treatment medis yang sesuai dengan kondisi kulit masing-masing.

 

 

Penulis: Frida Anggi Pratasya

#Women for Women

What's On Fimela
Loading